Papua, salah satu kawasan Indonesia timur yang akan dikembangkan -- MI/AGUNG SASTRO
Papua, salah satu kawasan Indonesia timur yang akan dikembangkan -- MI/AGUNG SASTRO

Pemerintah Siapkan hingga Rp15 Triliun Bangun Trans Papua

Ekonomi papua berita kemenpu
Husen Miftahudin • 23 Juli 2015 13:03
medcom.id, Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pemerintah kini tengah memberikan perhatian pembangunan infrastruktur di kawasan Timur Indonesia.
 
Ia menyebut, untuk membangun infrastruktur seperti jembatan dan jalan Trans Papua sepanjang 900 kilometer (km) dibutuhkan biaya hingga Rp15 triliun.
 
"Dibutuhkan dana sekitar Rp12,5 triliun-Rp15 triliun untuk menyelesaikan jalan Trans Papua sepanjang 900 km. Ruas jalan Trans Papua mulai dari Sorong-Manokwari-Nabire-Jayapura-Merauke yang saat ini masih terputus-putus," ujar Basuki, seperti dikutip dalam laman Kemenpupera, Kamis (23/7/2015).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, anggaran untuk Papua tahun ini sebesar Rp4 triliun, sedangkan Papua Barat sebanyak Rp6 triliun. Menurut dia, pembangunan infrastruktur Trans Papua ini tak terkendala dengan pembebasan lahan, sehingga ia optimis pembangunan infrastruktur timur Indonesia ini akan rampung pada 2018.
 
Sementara itu, untuk mendukung rencana pencetakan sawah baru di Papua seluas 10 ribu hektare (ha), pihaknya bakal membuka long storage untuk menampung air. Dari tampungan tersebut, air dipompakan ke lahan-lahan irigasi sehingga dapat mengairi sawah petani yang dilanda kekurangan air.
 
"Long storage sudah dibangun di permukiman transmigrasi. Ke depan akan dikembangkan di kawasan lain," pungkas Basuki.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif