Ekonomi Syariah. Foto : Medcom.id.
Ekonomi Syariah. Foto : Medcom.id.

Pemerintah Siapkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia

Eko Nordiansyah • 25 Desember 2021 11:14
Jakarta: Pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) telah menyiapkan program-program dalam upaya mencapai Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah terbesar di dunia. Untuk mencapai target tersebut, telah dibuat Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI).
 
"Ini adalah pedoman lanskap ekonomi syariah nasional yang paling terkini," kata Kepala Sekretariat KNEKS Wempi Saputra dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Sabtu, 25 Desember 2021.
 
Terdapat empat pilar yang diturunkan dari MEKSI yakni Pengembangan Industri Produk Halal, Pengembangan Industri Keuangan Syariah, Pengembangan Dana Sosial Syariah, serta Pengembangan dan Perluasan Kegiatan Usaha Syariah. Dari keempat pilar tersebut, diturunkan kembali dalam 13 program yang capaiannya telah dirasakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wempi menjelaskan, dilihat dari sisi riset ekonomi keuangan syariah, KNEKS berkontribusi dalam pembentukan Bank Syariah Indonesia (BSI). Capaian selanjutnya dapat dilihat dari kodifikasi produk halal yang datanya dimasukkan ke dalam pemberitahuan ekspor barang di Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC).
 
"Jadi, nanti kalau kita ekspor ke luar negeri, itu mereka sudah bisa identifikasi ini memang produk halal sebab sudah ada angka untuk kodifikasinya," ungkapnya.
 
Mengenai sertifikasi halal, ia menilai walaupun masih belum optimal, tapi sudah diluncurkan dan sedang disosialisasikan secara masif. Kemudian, dilakukan pembentukan penyelenggara crowdfunding dengan UMKM sebagai fasilitator untuk pembiayaan menggantikan sukuk ataupun saham syariah.
 
"Di sisi lain, piloting KPBU syariah di Jalan Lintas Timur Sumatera dan Riau juga sudah direalisasikan dengan nilai hingga Rp1 triliun. Sementara, Gerakan Nasional Wakaf Uang menjadi inisiatif pengembangan wakaf uang yang sekarang sudah berjalan di masyarakat," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif