Presiden Joko Widodo. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Presiden Joko Widodo. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Anggaran

Ekonomi anggaran kementerian joko widodo
Dheri Agriesta • 22 April 2019 11:37
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengumpulkan menteri Kabinet Kerja di Kantor Presiden. Rapat terbatas itu membahas ketersediaan anggaran dan pagu indikatif 2020.
 
"Kita harus memastikan bahwa tahapan kerja teknokratik dalam penyusunan RAPBN 2020 tetap berjalan, 2019 sudah mulai," kata Jokowi dalam pembukaan rapat di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin, 22 April 2019.
 
Jokowi mengingatkan ada banyak tantangan yang akan dihadapi pada 2020. Kepala Negara meminta para menteri waspada, terutama mengantisipasi dinamika perekonomian dunia yang terus berubah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu, kata dia, bisa diantisipasi dengan meningkatkan daya tahan dan daya saing ekonomi Indonesia. Terutama dengan investasi dan ekspor.
 
"Karena itu APBN 2020 harus mampu memberikan stimulus bagi peningkatan ekspor dan investasi, serta menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pertumbuhan ekonomi yang rata, dan berkeadilan," kata Jokowi.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan beberapa faktor terkait penyusunan pagu indikatif 2019. Pemerintah harus fokus pada penguatan sumber daya manusia dan perlindungan sosial.
 
"Kedua rencana anggaran untuk 2020 harus detail dan sesuai dengan prioritas pembangunan. Dan yang juga paling utama harus bisa dilaksanakan dan bisa diukur hasilnya," pungkas Jokowi.
 
Rapat ini dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
 
Selain itu juga hadir Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Riset Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Energi dan Sumber Daya Ignasius Jonan, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Staf Presiden Jenderal TNI Purn Moeldoko.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif