Ilustrasi pegawai negeri sipil. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi pegawai negeri sipil. (FOTO: dok MI)

Pemerintah Fokus Kesejahteraan PNS hingga Pensiunan

Ekonomi pns Pensiunan PNS RAPBN 2020
Eko Nordiansyah • 27 Juni 2019 18:00
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut kesejahteraan pegawai negeri sipil (PNS) dan pensiunan akan menjadi fokus pada 2020. Pemerintah membuka kemungkinan kenaikan belanja pegawai serta penyaluran pensiunan yang lebih baik.
 
"Paling tidak di 2020 ini yang menjadi tentunya konsen dari pada pemerintah di bidang aparatur tentunya meningkatkan aparatur negara yang semakin baik," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Sejak 2014 sampai 2019, belanja pegawai mengalami kenaikan sebesar 9,5 persen per tahunnya. Kenaikan ini meliputi kenaikan gaji PNS, kenaikan tunjangan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR), serta perbaikan tunjangan kinerja sesuai reformasi birokrasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya berharap kenaikan ini bisa meningkatkan kinerja daripada PNS dalam menjalankan tugasnya. Tak hanya itu, pemerintah juga ingin kesejahteraan para pensiunan bisa meningkat dengan perbaikan skema pencairan dana pensiunnya.
 
"Yang kemudian didukung dengan penghasilan yang juga tetap stabil dan diupayakan semakin meningkat termasuk pensiunannya," jelas dia.
 
Sementara itu, pemerintah berencana mengubah skema pembayaran bagi para pensiunan. Jika selama ini pembayaran pensiun dengan skema pay as you go (manfaat pasti), maka pada 2020 rencananya pemerintah akan menggunakan skema fully funded (pembayaran penuh).
 
"Pemerintah lagi review kembali untuk kebijakan pensiun ke depan, tapi review-nya belum selesai. Jadi mohon ditunggu. Intinya lagi di-review,sehingga nanti pada waktunya akan disampaikan presiden (Joko Widodo)," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif