Empat Perusahaan Berminat Ikut <i>Tax Holiday</i>
Ilustrasi -- Foto: Antara/ Arief Priyono
Jakarta: Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) menyatakan empat perusahaan berminat untuk mendapatkan fasilitas fiskal berupa tax holiday rezim baru. Namun perusahaan tersebut belum mendaftarkan diri secara resmi.

"Sudah ada empat perusahaan yang minat, mereka datang ke BKPM untuk bertanya karena persyaratannya kan beda dengan tax holiday yang dulu," kata Deputi Koordinator Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis ditemui di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa 8 Mei 2018.

Azhar mengungkapkan perusahaan tersebut yakni perusahaan existing yang berniat untuk investasi baru di sektor energi dan kimia.

"Sektor energi terbarukan dan kimia ada tiga perusahaan yang investasinya ada di Jawa dan luar Jawa," jelas Azhar.

Sebelumnya, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk berencana menggunakan kesempatan untuk meraih tax holiday. "Kemungkinan untuk pengembangan pabrik polyethylene (PE) kami yang saat ini, rencananya bisa diajukan," kata Vice President Corporate Secretary PT Chandra Asri Suhat Miyarso.

Seperti diketahui, rezim tax holiday baru yang diatur dalam PMK 35 menyatakan ada 17 sektor yang telah diatur atau 154 kode baku lapangan industri (KBLI) akan mendapatkan fasilitas tax holiday. Sebanyak 154 kegiatan industri itu akan dimasukkan ke dalam sistem single submission, begitu juga dengan tax holiday akan masuk ke sistem tersebut.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan ketika investor melakukan pendaftaran, maka sistem akan menanyakan di bidang industri apa investasi akan dilakukan. Apabila bidangnya ada dalam daftar KBLI, maka akan ada pertanyaan lanjutan berapa nilai investasi yang dilakukan. Jika nominal minimalnya Rp500 miliar, maka investor tersebut akan langsung mendapatkan tax holiday atau bebas pajak penghasilan (PPh) badan selama lima tahun.

"Kalau investasinya Rp500 miliar itu yang paling rendah untuk dapat tax holiday, sistem akan bilang 5 tahun," tutur Darmin.

 



(Des)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360