Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: MI/ Ramdani
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: MI/ Ramdani

Sri Mulyani Pastikan Krisis Covid-19 Tak akan Sia-sia

Ekonomi Sri Mulyani Krisis Ekonomi pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 09 Oktober 2020 19:20
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah Indonesia tidak akan menyia-nyiakan krisis akibat pandemi covid-19. Termasuk di dalamnya pembangunan lingkungan (green agenda) dalam upaya penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.
 
"Mengatasi masalah covid-19 dan pemulihan ekonomi, serta green agenda sebagai trade off. Kami bertujuan untuk melakukannya kembali dalam satu kebijakan, yang kami lihat saling mendukung," katanya dalam seminar virtual7th OECD Forum on Green Finance and Investmentdi Jakarta, Jumat, 9 Oktober 2020.
 
Ia menambahkan pemerintah tetap menjalankan reformasi kebijakan meski di tengah pandemi covid-19 yang cukup menantang. Bahkan baru-baru ini pemerintah menerbitkan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja sebagai upaya mempermudah perizinan berusaha untuk menarik investasi dan membuka lapangan kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia tidak menyia-nyiakan krisis covid-19 ini. Reformasi masih terus kita lakukan dan kita baru saja mengesahkan omnibus law untuk investasi dan penciptaan lapangan kerja, antara lain undang-undang ini dilaksanakan dengan yang belum pernah terjadi sebelumnya," jelas dia.
 
Sri Mulyani menjelaskan omnibus law juga memberikan kepastian tentang persyaratan izin lingkungan. Payung hukum tersebut mengatur persyaratan bagi investor untuk melakukan penilaian lingkungan melalui kebijakan investasi pengkajian lingkungan.
 
Disamping itu, pemerintah turut memberikan kepastian tentang kebutuhan investor untuk membentuk dana rehabilitasi lingkungan. Karena itu, investasi yang masuk tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.
 
"Sehingga pada akhirnya investasi mereka tidak akan merusak lingkungan. Dan kami juga memberikan nilai hutan tropis yang lebih jelas dan pasti dengan menggunakan teknologi," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif