Ekonomi Indonesia. Foto : MI.
Ekonomi Indonesia. Foto : MI.

Airlangga Optimistis Pengetatan PSBB Tak Ganggu Target Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi menko perekonomian Ekonomi Indonesia PSBB
Eko Nordiansyah • 07 Januari 2021 14:24
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku optimistis bahwa pengetatan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak akan mengganggu target pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini.
 
"Ini kan untuk kuartal I baru tujuh hari. Tapi kita cukup optimistis dan akhir tahun di kisaran lima persen untuk pertumbuhan ekonomi," kata dia dalam video conference di Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Ia menegaskan penerapan kembali PSBB ketat yang berlaku mulai pekan depan berbeda dengan yang dulu pernah dilakukan di awal pandemi. Pada PSBB kali ini pemerintah tidak melarang kegiatan masyarakat, hanya saja membatasi sejumlah kegiatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan Airlangga mengklaim rencana pengetatan PSBB ini tidak direspons negatif oleh pasar. Hal ini terlihat dari pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang kembali melanjutkan tren positifnya, ditambah pergerakan nilai tukar yang juga stabil.
 
"Kita melihat January effect di pasar modal. Dan pasar modal sempat turun sedikit namun sesudah pemerintah menjelaskan, sudah naik kembali dan IHSG sudah tembus 6.100. Lalu rupiah menguat, dan dua itu yang menunjukkan confident pasar," ungkapnya.
 
Selain terjaganya sektor keuangan tadi, ia menyebut, perbaikan juga terjadi di sektor industri. Pasalnya pada Desember 2020, Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia tercatat mengalami kenaikan dari 50,6 menjadi 51,3.
 
"Sehingga tentu ini semuanya baik. Apalagi kita ketahui komoditas itu mencapai harga tertinggi. CPO ini sembilan tahun harga tertinggi, kemudian batu bara sudah USD70, nikel sudah naik. Komoditas yang belum naik hanya minyak," pungkas dia.  
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif