Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)
Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)

Aliran Modal Asing Rp192,5 Triliun Masuk Indonesia

Ekonomi pertumbuhan ekonomi bank indonesia capital inflow ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 19 Juli 2019 15:59
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal masuk sampai dengan 18 Juli 2019 sebesar Rp192,5 triliun. Aliran modal asing masuk ke pasar Surat Berharga Negara (SBN) dan pasar saham. BI berharap kondisi ini bisa dipertahankan atau bisa terus meningkat di masa mendatang.
 
"Aliran portofolio asing masuk ke Indonesia sampai data 18 Juli jumlahnya adalah Rp192,5 triliun, terdiri dari SBN Rp118,1 triliun, dan saham Rp74 triliun," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Juli 2019.
 
Dirinya menambahkan aliran modal yang masuk menunjukkan minat investor terhadap Indonesia cukup baik. Aliran modal asing diharapkan bisa membuat surplus neraca modal dan finansial akan semakin bertambah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini tentu saja akan menambah surplus dari neraca modal dalam neraca pembayaran yang akan mendukung stabilitas ekonomi dan menjadi faktor dalam melihat nilai tukar," jelas dia.
 
Aliran modal asing ke Indonesia mengalir cukup deras. Jika sejak awal tahun sampai 4 Juli 2019 ada aliran modal masuk mencapai Rp170,1 triliun, berarti ada tambahan sekitar Rp22,4 triliun selama dua pekan terakhir.
 
Selain itu, aliran modal asing juga menjadi modal untuk penguatan nilai mata uang rupiah. Data bank sentral mencatat pada Juli 2019, rupiah menguat 1,06 persen sampai 17 Juli 2019 secara point to point dibandingkan dengan level akhir Juni 2019.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif