Ilustrasi. FOTO: MI/ARYA MANGGALA
Ilustrasi. FOTO: MI/ARYA MANGGALA

Cetak Tonggak Sejarah! Penerimaan Pajak Tembus Rp1.231,87 Triliun, Lebihi Target di 2021

Ekonomi pajak Kementerian Keuangan Ditjen Pajak Ekonomi Indonesia penerimaan pajak Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 28 Desember 2021 08:30
Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat neto penerimaan pajak sampai dengan 26 Desember 2021 mencapai Rp1.231,87 triliun. Artinya penerimaan pajak tahun ini telah melebihi target yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.
 
"Sampai dengan 26 Desember 2021, jumlah neto penerimaan pajak sebesar Rp1.231,87 triliun. Jumlah tersebut sama dengan 100,19 persen dari target yang diamanatkan dalam APBN Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp1.229,6 triliun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dalam keterangan resminya, Selasa, 28 Desember 2021.
 
Sri Mulyani mengucapkan selamat dan terima kasih atas pencapaian DJP di tahun ini. Menurut dia, pencapaian ini merupakan hari yang bersejarah. Pasalnya di tengah pandemi covid-19, di saat pemulihan ekonomi masih berlangsung, DJP telah mampu mencapai target 100 persen bahkan sebelum tutup tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerja Anda semua yang luar biasa. Terima kasih terhadap apa yang kita capai hari ini. Ini adalah bekal kita untuk pelaksanaan tugas-tugas kita di masa mendatang," ungkapnya.
 
Sebanyak 138 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di seluruh Indonesia berhasil mencapai target penerimaan pajak lebih dari 100 persen dari target yang telah ditetapkan pada masing-masing KPP. Selain itu, tujuh Kantor Wilayah (Kanwil) berhasil mencapai target sebesar lebih dari 100 persen dari target yang ditetapkan untuk masing-masing Kanwil.
 
Kanwil itu yakni Kanwil DJP Jakarta Selatan I, Kanwil DJP Wajib Pajak besar, Kanwil DJP Jakarta Khusus, Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara, Kanwil DJP Kalimantan barat, Kanwil DJP Kalimantan Selatan dan Tengah, serta Kanwil DJP Jakarta Utara.

12 tahun menanti

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengungkapkan, keberhasilan DJP mencapai target penerimaan pajak 2021 setelah 12 tahun penantian dan perjuangan tanpa henti. Banyak faktor yang mewujudkan keberhasilan ini, namun yang paling utama adalah dukungan dan partisipasi seluruh Wajib Pajak (WP) yang telah taat dan patuh membayar pajak.

"Kami, seluruh jajaran Direktorat Jenderal Pajak mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan partisipasi seluruh wajib pajak yang dalam kondisi sedemikian sulit akibat pandemi covid-19, masih tetap patuh dan taat menjalankan kewajiban perpajakannya dalam membayar pajak," tuturnya.
 
"Pajak yang Anda bayarkan sangat bermanfaat untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan membiayai pembangunan negeri yang kita cintai ini," ujar Suryo.
 
Ia menambahkan, keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras 46 ribu lebih pegawai DJP. Di tengah pandemi covid-19 yang belum usai, pembatasan sosial yang masih tinggi, dan terbatasnya interaksi, Suryo menilai, pengamanan penerimaan pajak menemui hambatan yang tidak mudah.

"Namun, dengan semangat yang tidak patah, insan-insan kuat DJP terus bekerja mengumpulkan pundi-pundi penerimaan yang merupakan penopang utama pembiayaan negara," pungkasnya.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif