Alokasi dana untuk perlindungan sosial. Foto: MI/Tri Handiyatno.
Alokasi dana untuk perlindungan sosial. Foto: MI/Tri Handiyatno.

Tertinggi dalam Tiga Tahun Terakhir, Anggaran Perlindungan Sosial Rp479 Triliun

Arif Wicaksono • 16 Agustus 2022 15:46
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2023 mengalokasikan anggaran perlindungan sosial di 2023 naik ketimbang anggaran selama tiga tahun terakhir. Kenaikan anggaran membuktikan tantangan perekonomian masih tinggi di 2023 meskipun ekonomi indonesia masih belum mengalami resesi.
 
"Anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp479,1 triliun untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasarnya, dan dalam jangka panjang diharapkan akan mampu memotong rantai kemiskinan," jelas Jokowi dalam Nota Keuangan Beserta RAPBN Tahun Anggaran 2023, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
baca juga: Presiden: Pembangunan IKN Harus Dijaga Keberlanjutannya

Sejalan dengan hal tersebut, reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), penyempurnaan perlindungan sosial sepanjang hayat dan adaptif, subsidi tepat sasaran dan berbasis target penerima manfaat, serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.
 
Kenaikan anggaran juga menekan tekanan karena potensi kenaikan harga minyak dunia. Selanjutnya, harga minyak mentah Indonesia (ICP) diperkirakan akan berkisar pada USD90 per barel atau naik dari asumsi USD60 per barel di 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk peningkatan produktivitas dan kualitas SDM, disiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun. Kita harus mampu memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi. Kita harus menyiapkan sumber daya manusia yang produktif, inovatif, dan berdaya saing global dengan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, berakhlak mulia, dan menjaga jati diri budaya bangsa," kata Jokowi.
 
Presiden Jokowi juga menyatakan target pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023 sebesar 5,3 persen.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif