Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Pemerintah, Simak Nih! Langkah Ideal Kendalikan Inflasi

Media Indonesia • 25 September 2022 10:30
Jakarta: Direktur Center of Economic and Law Studie (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, pengendalian inflasi idealnya harus menggunakan skema insentif, peningkatan produksi, dan perbaikan rantai pasok.
 
Dalam hal ini, pemerintah dapat bekerja sama dengan para pelaku usaha di ekosistem pangan mulai dari peningkatan produksi substitusi impor seperti kedelai, jagung, gula, dan garam.
 
"Para pengusaha juga dapat diberikan banyak fasilitas dan keringanan pajak agar lebih mendorong skala produksi," kata Bhima saat dihubungi Media Indonesia, dikutip Minggu, 25 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, platform digital juga dapat dioptimalkan untuk mendorong transparansi dan pemangkasan rantai distribusi agar inflasi dapat dikendalikan dengan ideal.
 
"Jadi menurut saya, kalau upaya mitigasi inflasi hanya melalui instrumen kenaikan suku bunga, itu adalah hal yang salah," tegasnya.
 
Baca juga: Pemerintah Optimistis Inflasi Pangan di Bawah 5%, Apa Bisa?

 
Bhima berharap, untuk kedepannya pemerintah harus bisa lebih kreatif lagi dalam pengendalian inflasi serta memiliki skema yang lebih insentif dalam pengendalian inflasi ini.
 
"Sementara untuk mitigasi dampak naiknya bunga acuan maka stimulus di bidang sektor properti harus diperbesar misalnya seperti Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), subsidi uang muka rumah, dan suku bunga kredit konstruksi yang lebih rendah di bank BUMN," pungkasnya.
(FICKY RAMADHAN)
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif