Ilustrasi pembiayaan utang  pemerintah - - Foto: Antara/ Yudhi Mahatma
Ilustrasi pembiayaan utang pemerintah - - Foto: Antara/ Yudhi Mahatma

Realisasi Pembiayaan Utang Pemerintah Capai Rp223,8 Triliun

Ekonomi utang luar negeri pinjaman luar negeri surat berharga negara APBN 2020
Eko Nordiansyah • 20 Mei 2020 23:03
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut pembiayaan utang hingga April 2020 sudah mencapai Rp223,8 triliun. Realisasinya setara dengan 22,2 persen dari target dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2020 sebesar Rp1.006,4 triliun.
 
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan pembiayaan utang mengalami peningkatan hingga 53,7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Pada April 2019, realisasi pembiayaan utang pemerintah baru sebesar Rp145,6 triliun.
 
"Sekarang lebih besar selain karena defisit juga lebih besar, kita juga ingin memastikan ketersediaan anggaran untuk belanja," katanya dalam video conference di Jakarta, Rabu, 20 Mei 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya belanja negara akan mengalami peningkatan ke depan. Terutama belanja untuk penanganan pandemi virus korona (covid-19), belanja bantuan sosial (bansos), hingga insentif bagi dunia usaha.
 
Tahun ini defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diprediksi mencapai Rp852,9 triliun atau 5,07 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Bahkan pemerintah berencana merevisi ulang pelebaran defisit anggaran menjadi Rp1.028,5 triliun atau mencapai 6,27 persen terhadap PDB.
 
Sementara itu, pembiayaan utang pemerintah untuk surat berharga negara (SBN) sebesar Rp227,58 triliun dan pinjaman neto sebesar negatif Rp7,78 triliun. Pembiayaan utang ini, katanya, menjadi salah satu sumber pendanaan pemerintah.
 
"Jadi ini adalah bagian dari kita berjaga-jaga. sementara pinjaman ini netonya masih negatif Rp7,8 triliun namun ke depan kita akan optimalkan supaya pinjaman juga menjadi bagian pembiayaan anggaran yang juga membantu," pungkasnya.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif