4 Tahun Kepemimpinan Jokowi-JK

Kontribusi Industri Kreatif terhadap PDB Nasional Terus Melesat

Annisa ayu artanti 23 Oktober 2018 12:40 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesia4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK
Kontribusi Industri Kreatif terhadap PDB Nasional Terus Melesat
Kepala Bekraf Indonesia Triawan Munaf (MI/ROMMY PUJIANTO)
Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia mencatat industri kreatif di Tanah Air berkontribusi cukup besar dalam Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Hal tersebut diklaim sebagai pencapaian yang baik sejak terbentuknya Bekraf pada 2015 lalu.

Kepala Bekraf Triawan Munaf membenarkan PDB untuk sektor ekonomi kreatif terus meningkat dari tahun ke tahun yaitu sebesar Rp922 triliun pada 2016, lalu Rp1.009 triliun di 2017, dan menjadi Rp1.105 triliun pada 2018. Ia berharap kondisi ini bisa terus meningkat di masa-masa yang akan datang.

"Secara penetrasi atau kontribusi, PDB ekonomi kreatif terhadap PDB nasional di 2017 mencapai 7,57 persen. Meningkat terus dibandingkan dengan di 2016 di 7,44 persen dan 2015 di 7,39 persen," sebut Triawan, dalam konferensi pers 4 Tahun Kepemimpinan Jokowi-JK, di Kantor Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Selasa, 23 Oktober 2018.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, meningkatnya PDB sektor ekonomi kreatif mengartikan sektor ini dapat terus mengimbangi PDB nasional yang juga mencatatkan peningkatan dari tahun ke tahun. "Walaupun PDB nasional meningkat, kami juga bisa meningkat pesat. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi ke depan," kata dia.

Di sisi tenaga kerja, Triawan menambahkan, sektor ekonomi kreatif mencatat penyerapan tenaga kerja yang signifikan. Pada awal kali debut Bekraf di 2015, tercatat ada sekitar 15,9 juta yang bekerja di sektor ini. Kemudian di 2017, tercatat peningkatan menjadi 17,4 juta dan di 2018 diperkirakan mencapai 18,1 juta.

"Analisa kami, produktivitas per tenaga kerja meningkat sehingga bisa menghasilkan lebih banyak ekonomi. Nilai tambah dari produk ekonomi kreatif meningkat dan semakin efisiennya ekosistem," tukas dia.

Untuk diketahui, Badan Ekonomi Kreatif bertugas membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif. Bekraf berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri yang membidangi urusan pemerintahan di bidang pariwisata. Bekraf pertama kali dibentuk oleh Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 6 Tahun 2015.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id