Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)

Sri Mulyani Atur Anggaran Jika Pimpinan MPR Jadi 10 Kursi

Ekonomi mpr RAPBN 2020
Eko Nordiansyah • 20 Agustus 2019 17:41
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan kesiapan anggaran jika ada tambahan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menjadi 10 kursi. Namun dirinya masih harus menunggu apakah wacana ini benar-benar direalisasikan.
 
"Kalau sudah ditetapkan nanti kita akan lihat," kata dia ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2019.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menyebut belum ada bahasan mengenai anggaran penambahan pimpinan MPR. Dirinya enggan berandai-andai sebelum aturan tersebut disepakati pemerintah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kan belum, kata siapa otomatis (anggarannya naik)? Nanti lihat saja. Nanti kita lihat saja kebijakannya, semua basisnya ada kebijakannya, kebijakan belum pasti jangan berandai-andai," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, saat ini belum ada pembicaraan apapun dengan Kemenkeu terkait anggaran bagi penambahan pimpinan MPR. Jika ada kepastian kebijakan, maka Kemenkeu baru akan membuka pembicaraan soal anggarannya.
 
Wacana menambah jumlah pimpinan MPR menjadi 10 kursi dilontarkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Partaonan Daulay. Pimpinan MPR bakal terdiri dari sembilan fraksi dan satu kelompok DPD.
 
Saat ini, aturan komposisi pimpinan MPR sejatinya mengacu Pasal 427 C UU MD3 Nomor 2 Tahun 2018. Pimpinan MPR hasil Pemilu 2019 dikembalikan ke formasi satu ketua dan empat wakil. Pemilihannya melalui sistem paket yang terdiri atas unsur fraksi dan kelompok DPD.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif