Ilustrasi. (Foto: Antara/Andika).
Ilustrasi. (Foto: Antara/Andika).

Pemerintah Tawarkan Sukuk SR-010 dengan Imbal Hasil hingga 5,9% per Tahun

Ekonomi sukuk sukuk ritel
Dian Ihsan Siregar • 23 Februari 2018 11:48
Jakarta: Pemerintah lewat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menawarkan instrumen investasi sukuk negara ritel dengan seri SR-010. Sukuk ini menawarkan imbal hasil yang cukup baik yakni mencapai 5,9 persen.
 
Pernyataan itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman, saat ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat, 23 Februari 2018.
 
"SR-010 artinya yang ke‎-10. Tidak berasa berarti sudah 10 tahun perjalanan sukuk. Sukuk ini diterbitkan dengan akad ijarah asset to be lessed dan telah mendapatkan pernyataan kesesuaian syariah dari DSN Majelis Ulama Indonesia (MUI)," jelas Luky.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan untuk masa penawaran dibuka pada 23 Februari 2018 sampai dengan 16 Maret 2018.‎ Posisi tanggal penjatahan akan jatuh pada 19 Maret 2018. Tanggal penerbitan atau setelmen pada 21 Maret 2018 dan tanggal jatuh tempo pada 10 Maret 2021 atau tenor tiga tahun.
 
Selain itu Sukuk SR-010 dapat dipesan dengan besaran nilai minimum Rp5 juta dan maksimum hingga mencapai Rp5 miliar. Dengan tingkat imbalan 5,9 persen per tahun. Pembayaran imbalan akan jatuh pada tanggal 10 setiap bulan dalam jumlah tetap.
 
"Pembayaran imbalan pertama kali akan jatuh pada 10 April 2018. Underlying asset yakni proyek atau kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 dan barang milik negara," tutur dia.
 
Instrumen sukuk ini, lanjut dia, dapat diperdagangkan di pasar sekunder setelah satu per‎iode pembayaran imbalan. Kehadiran sukuk negara ritel dapat memberikan alternatif investasi berbasis syariah kepada masyarakat Indonesia.
 
"Masyarakat yang berminat membeli sukuk SR-010 dapat menghubungi‎ 22 agen penjual yang telah ditunjuk pemerintah, seperti Bank Mandiri, BTN, BNI, Muamalat Indonesia, dan lainnya," pungkas dia.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif