Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Pemerintah Terbitkan Sukuk Global Senilai USD2 Miliar

Ekonomi sukuk sukuk tabungan
Eko Nordiansyah • 22 Februari 2019 14:42
Jakarta: Pemerintah menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dalam denominasi US Dolar dengan format Reg S / 144A Trust Certificates sebesar USD750 juta untuk tenor 5,5 tahun dan USD1,25 miliar untuk tenor 10 tahun. Transaksinya telah dilaksanakan pada 12 Februari 2019.
 
Dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Jumat 22 Februari 2019, struktur akad sukuk ini adalah wakalah, dengan underlying asset Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah dan bangunan 51 persen dan proyek-proyek APBN yang sedang dalam pembangunan atau akan dibangun 49 persen.
 
Setiap seri telah diberikan peringkat Baa2 oleh Moody’s Investors Service, BBB- oleh S&P Global Ratings, dan BBB oleh Fitch Ratings. Final orderbook seri SNI0824 mencapai sebesar USD2,1 miliar dengan jumlah investor 117 accounts, dan SNI0229 mencapai sebesar USD4,5 miliar dengan jumlah investor 162 accounts.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Statistik hasil penerbitan ini membuktikan bahwa investor asing percaya pada upaya pelestarian lingkungan, pengembangan keuangan syariah, dan pembiayaan negara Indonesia.
 
Adapun sukuk wakalah ini akan didaftarkan pada Bursa Saham Singapura (Singapore Stock Exchange) dan NASDAQ Dubai. Deutsche Bank AG, Dubai Islamic Bank PJSC, Maybank Investment Bank Berhad, PT Mandiri Sekuritas dan HSBC (juga bertindak sebagai Green Structuring Advisor) bertindak sebagai Joint Lead Managers dan Joint Bookrunner.
 
Sementara PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk bertindak sebagai co-managers untuk transaksi ini.
 


 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif