Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: dok Kementerian Keuangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: dok Kementerian Keuangan

Dihantui Omicron, Sri Mulyani Yakin Ekonomi Bisa Tumbuh 4%

Eko Nordiansyah • 30 November 2021 13:02
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis pertumbuhan ekonomi masih bisa mencapai 3,5 sampai empat persen tahun ini meski dunia tengah dibayangi oleh penyebaran varian baru  B.1.1.529 atau Omicron.

"Kami berharap pemulihan ekonomi di Indonesia akan terus berlanjut terutama pada kuartal IV tahun ini. Kita harapkan pertumbuhan ekonomi tahun ini antara 3,5 sampai empat persen pada 2021," katanya dalam webinar, Selasa, 30 November 2021.
 
Sri Mulyani menambahkan keyakinan untuk bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi ini didukung oleh keberhasilan pemerintah dalam menanogani covid-19 varian delta. Meski begitu, pemerintah akan tetap waspada terhadap kemungkinan adanya mutasi-mutasi baru yang bisa mengganggu pemulihan ekonomi.
 
"Saat ini kita berada di level terendah dalam hal jumlah aktif maupun penularan covid-19. Ini bukan berarti Indonesia berpuas diri dengan pencapaian ini. Kami sangat waspada dan tentunya mencermati apa yang sebenarnya sedang terjadi di berbagai belahan dunia dengan meningkatnya kasus atau mutasi kasus baru Omicron," jelas dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dihantui Omicron, Sri Mulyani Yakin Ekonomi Bisa Tumbuh 4%
Ilustrasi kebijakan pemerintah tekan penyebaran varian baru Omicron - - Foto: grafis Medcom
 
Namun begitu, upaya dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi sampai dengan akhir tahun bukan hal yang mudah. Apalagi Indonesia sempat menghadapi kenaikan kasus covid-19 pada awal 2021, yang disusul varian delta di pertengahan tahun.
 
"Karena tentu saja dua kuartal yang sangat sulit yaitu kuartal I ketika kita juga melihat peningkatan kasus pasca natal serta tahun baru, Maret lalu. Kemudian gelombang kedua varian delta tahun ini antara Juli hingga pertengahan Agustus. Dengan pemikiran tersebut, Indonesia terus sangat optimis dalam proses pemulihan," pungkasnya.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif