Menko Perekonomian Darmin Nasution - - Foto: dok Setkab
Menko Perekonomian Darmin Nasution - - Foto: dok Setkab

Darmin Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2019 Capai 5,1%

Ekonomi pertumbuhan ekonomi kementerian perekonomian ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 26 April 2019 14:03
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal I-2019 bisa mencapai 5,1 persen. Pertumbuhan ekonomi kuartal ini akan lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun lalu.
 
Pada kuartal I-2018 lalu, pertumbuhan ekonomi tercatat hanya sebesar 5,06 persen secara year on year (yoy). Sementara secara tahunan, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,17 persen (yoy).
 
"Ya paling enggak seperti tahun lalu. Tapi mestinya di atas itu ya, saya kira mesti di atas itu," kata Darmin ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Darmin menambahkan, salah satu faktor pendorong perekonomian adalah konsumsi rumah tangga. Selain itu, musim panen yang sudah berlangsung sejak Maret sampai dengan Mei mendatang akan memberikan dampak bagi perekonomian.
 
"Kalau 5,2 persen itu ya mungkin saja. Panen kan baik, jadi lihatnya dari sektor pertanian itu meningkatnya di kuartal I, ya walaupun di Maret itu belum banyak betul dampaknya karena puncaknya baru di April dan Mei," jelas dia.
 
Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pertumbuhan konsumsi meningkat lima persen pada kuartal I-2019. Catatan ini dipengaruhi oleh serapan belanja pemerintah yang cukup besar terutama bantuan sosial.
 
"Kuartal pertama mungkin sekitar lima persen karena di satu sisi kalau dari pemerintah program-program untuk bantuan sosial cukup banyak dan pencairan di kuartal I meningkat," kata Sri ditemui saat menghadiri acara APEC Business Advisory Council di Shangri-La Hotel Jakarta, Rabu, 24 April 2019.
 
Adapun Bank Indonesia (BI) meyakini pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal I-2019 akan tumbuh sebesar 5,2 persen secara tahun ke tahun atau year on year (yoy). Pertumbuhan ekonomi di tiga bulan pertama 2019 ini didorong oleh permintaan domestik.
 
"Pertumbuhan ekonomi kita itu kan membaik di tahun ini, kami perkirakan lima sampai 5,4 persen, titik tengahnya 5,2 persen. Perkiraan kami PDB (Produk Domestik Bruto) di kuartal I-2019 itu bisa mendekati 5,2 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam jumpa pers di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 25 April 2019.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif