Mahasiswa Diincar jadi Wajib Pajak
Sejumlah orang mengantre membuat NPWP. (FOTO: MI/Irfan)
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana mewajibkan mahasiswa menjadi wajib pajak. Para mahasiswa nantinya diharuskan memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kewajiban ini sebagaimana kerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti).

"Jadi beliau juga menginginkan antarmahasiswa diberikan NPWP. Saya ingin yang bicara ini Pak Menteri (Ristekdikti)," kata dia di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat, 9 November 2018.

Dirinya menambahkan, seharusnya Menteri Ristekdikti Muhammad Nasir yang mengajak para mahasiswa. Pasalnya jika Menkeu yang berbicara dikhawatirkan bakal menimbulkan citra negatif.

Di tempat yang sama, Nasir menyebut ada tujuh juta mahasiswa di seluruh Indonesia dengan kelulusan 1,8 juta setiap tahun. Menurut dia, rencana ini sudah disosialisasikan kepada para rektor.

"Sekaligus dia keluar saat wisuda dia sekaligus menerima kartu NPWP itu akan bagus sekali. Satu sisi pembelajaran harus dilanjutkan, di sisi lain ini harus ditindaklanjuti," jelas dia.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id