Dilansir dari laman resmi DJPPR Kementerian Keuangan, Selasa, 21 Juni 2022, generasi milenial mendominasi dengan porsi sebesar 49,4 persen berdasarkan jumlah investor. Namun secara nominal masih didominasi oleh generasi X dan Baby Boomers masing-masing sebesar 37,2 persen dan 37,0 persen.
Generasi milenial yang merupakan kelahiran 1980-2000 berada di urutan pertama mengungguli investor yang berasal generasi X sebanyak 29,4 persen, generasi Baby Boomers 18,3 persen, generasi Z 1,7 persen, dan generasi tradisionalis 1,3 persen.
Sementara berdasarkan profesinya, jumlah investor didominasi oleh pegawai swasta yaitu sebesar 36,2 persen. Namun secara nominal, investor yang berprofesi sebagai wiraswasta masih mendominasi pemesanan SBR011 sebesar 37,6 persen.
Berdasarkan gender, jumlah investor SBR011 didominasi investor perempuan atau 58,6 persen. Apabila ditilik berdasarkan profesi investor, ibu rumah tangga menduduki peringkat empat besar investor SBR011 di bawah pegawai swasta, wiraswasta, dan pelajar/mahasiswa.
Sejak penerapan Single Investor Identification (SID), terdapat 26.725 investor atau 56,1 persen yang membeli SUN Ritel lebih dari satu kali dengan nominal sebesar Rp9,04 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 23 investor bahkan tidak pernah absen membeli SUN Ritel.
Pada penerbitan SBR011 kali ini, mitra distribusi bank masih mendominasi penjualan SBR011, baik dari nominal maupun jumlah investor. Untuk kelompok non-bank, baik nominal penjualan maupun jumlah investor, capaian mitra distribusi perusahaan fintech lebih tinggi dari perusahaan sekuritas.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News