Presiden Joko Widodo  - - Foto: Medcom
Presiden Joko Widodo - - Foto: Medcom

Pekan Depan, Presiden Ajukan 3 Calon Anggota Dewan Pengawas LPI ke DPR

Ekonomi presiden jokowi DPR RI Sovereign Wealth Fund (SWF)
Eko Nordiansyah • 08 Januari 2021 19:04
Jakarta: Pemerintah telah menerima pendaftaran anggota Dewan Pengawas untuk Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI). Rencananya nama-nama calon tersebut akan dikirimkan oleh Presiden Joko Widodo ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada pekan depan.
 
Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan saat ini proses seleksi berupa uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test masih berjalan.
 
"Paling lambat minggu depan ada proses konsultasi ke DPR mengenai nama anggota dewan pengawas dari kelompok yang profesional," katanya dalam video conference di Jakarta, Jumat, 8 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dewan pengawas SWF terdiri atas lima orang. Dua dari lima orang merupakan menteri keuangan yang merangkap sebagai ketua dan anggota dan menteri BUMN.
 
"Untuk SWF terdiri lima orang. Dua orang ex-officio menteri keuangan merangkap ketua anggota, kedua menteri BUMN. Dua itu sudah pasti, untuk tiga yang lain nanti dalam proses," ungkapnya.
 
Pemerintah sebelumnya telah menerbitkan tiga payung hukum untuk LPI. Pertama, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2020 tentang Modal Awal LPI yang menjelaskan bahwa modal awal LPI sebesar Rp15 triliun bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020.
 
Kedua, PP Nomor 74 Tahun 2020 tentang LPI yang mengatur tata kelola dan operasionalisasi LPI dan diadaptasi dari praktik-praktik lembaga sejenis yang memiliki reputasi terbaik di dunia, serta mengedepankan prinsip independensi, transparansi, dan akuntabilitas.
 
Ketiga, ada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 128/P Tahun 2020 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Pengawas LPI dari Unsur Profesional.  
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif