Ilustrasi. Foto: Antara/ Indiranto Eko
Ilustrasi. Foto: Antara/ Indiranto Eko

Anggaran PEN Sudah Terealisasi Rp252,3 Triliun

Ekonomi pelanggaran imigrasi Sri Mulyani Kementerian Keuangan Pemulihan Ekonomi Nasional
Suci Sedya Utami • 12 Juli 2021 20:02
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga semester I-2021 mencapai Rp252,3 triliun.
 
"Besaran tersebut mencapai 36,1 persen alokasi," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Senin, 12 Juli 2021.
 
Secara keseluruhan, alokasi anggaran PEN 2021 mencapai Rp699,4 triliun. Alokasi besaran ini meningkat dari realisasi program PEN di tahun lalu yang mencapai Rp575,2 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun dari besaran anggaran tersebut di 2021, dialokasikan untuk anggaran penanganan kesehatan sebesar Rp193,9 triliun. Nominal ini meningkat dari realisasi di 2020 yang sebesar Rp62,7 triliun.
 
"Utamanya untuk mendukung program vaksinasi dan percepatannya, perawatan pasien, dan penguatan penanganan covid-19 di daerah," ujar dia.
 
Kemudian anggaran untuk perlindungan kepada masyarakat dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bentuk program perlindungan sosial, program prioritas sebagai jaring pengaman untuk penciptaan lapangan kerja, serta subsidi bunga UMKM dan bantuan pelaku usaha mikro pada 2021 sebesar Rp328,4 triliun, meningkat dibandingkan realisasi 2020 yaitu Rp323,3 triliun.
 
"Anggaran dukungan kepada dunia usaha meningkat utamanya untuk mendukung pelaku usaha melalui berbagai insentif perpajakan," tutur Ani, sapaan akrab dirinya.
 
Pemerintah juga menyalurkan dukungan pemulihan melalui earmarked Dana Alokasi Umum (DAU) atau Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Insentif Daerah (DID), dan Dana Desa sangat penting dalam penanganan covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi. Adapun secara keseluruhan, realisasi belanja negara mencapai Rp1.170,1 triliun atau meningkat 9,38 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif