Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar
Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar

Biaya Penanganan Covid-19 Capai Rp172 Triliun, untuk Apa Saja?

Ekonomi pelanggaran imigrasi Sri Mulyani apbn pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 05 April 2021 18:44
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, anggaran penanganan covid-19 pada tahun ini mencapai Rp172 triliun. Anggaran ini termasuk untuk pelaksanaan program vaksinasi yang menghabiskan dana sebesar Rp54 triliun.
 
Ia menjelaskan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 juga masih mengalokasikan untuk 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment. Harapannya penanganan pandemi dari sisi kesehatan bisa semakin baik lagi dengan ketersediaan anggaran.
 
"Anggarannya besar, total keseluruhan untuk penanganan covid tahun ini mencapai Rp172 triliun," kata dia dalam webinar Sinergi Memulihkan Negeri di Jakarta, Senin, 5 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Mulyani menyebut, alokasi anggaran ini diharapkan memberi dukungan bagi tenaga kesehatan untuk menangani covid-19 baik dari sisi pelaksanaan disiplin protokol kesehatan, hingga pelaksanaan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.
 
"Maupun dari sisi penanganan covid-nya sendiri termasuk insentif bagi nakes dan juga berbagai macam dukungan bagi alat-alat untuk testing, tracing, dan treatment atau pengobatan yang ini sangat luar biasa mengambil resources (anggaran) yang cukup besar," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, pandemi covid-19 juga membuat pelebaran defisit anggaran dari biasanya di bawah tiga persen menjadi di atas lima persen. Tak hanya itu, pertumbuhan ekonomi juga turut mengalami kontraksi dalam hingga minus 2,1 persen di 2020.
 
"Tahun ini defisit kita di 5,7 persen, kita berharap akan mulai tumbuh atau mulai pulih berbagai kegiatan sosial, ekonomi, sekolah mungkin mulai dibuka kembali, dan mereka sudah mengalami atau mendapat vaksinasi, sudah mulai bisa melakukan aktivitas meskipun dengan disiplin protokol kesehatan," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif