Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.
Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.

Ekonomi Indonesia Mulai Mengarah ke Level Sebelum Pandemi

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi BPS Ekonomi Indonesia pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional Endemi covid-19
Antara • 09 Mei 2022 20:40
Jakarta: Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan ekonomi Indonesia sudah mulai membaik dan mengarah ke level sebelum krisis pandemi, yang terlihat dari besaran Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita atas dasar harga konstan.
 
Adapun PDB per kapita atas dasar harga konstan pada triwulan I-2022 tercatat meningkat menjadi Rp10,2 juta.
 
"Sebelum krisis pandemi atau tepatnya triwulan I-2019, PDB per kapita atas dasar harga konstan kita mencapai Rp9,9 juta," ujar Margo dalam konferensi pers, dilansir Antara, Senin, 9 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maka dari itu, ia menilai pemulihan ekonomi domestik sudah terjadi dengan tren yang terus menguat. Hal tersebut terutama didorong oleh beberapa mesin pertumbuhan ekonomi seperti industri pengolahan dan 16 sektor lainnya.
 
Pada triwulan I-2022, sejumlah 17 sektor lapangan usaha pendorong pertumbuhan ekonomi sudah bekerja kembali seperti sebelum krisis covid-19. Meski perekonomian sudah pulih, Margo berpendapat kondisi ketenagakerjaan di Tanah AIr belum sepenuhnya pulih pada Februari 2022.
 
Pada Februari 2022, tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 8,4 juta orang atau lebih tinggi dari Februari 2020 yang sebesar 6,93 juta orang.
 
"Namun demikian kondisi ketenagakerjaan kita sudah membaik dibandingkan pada Februari tahun lalu yang sebesar 8,75 juta orang," tuturnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif