Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.

Sri Mulyani Permudah Akses Laporan Keuangan Negara

Ekonomi kementerian keuangan kementerian lembaga
Desi Angriani • 12 September 2019 12:27
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meluncurkan aplikasi mobile bagan akun standar (BAS). Aplikasi ini mempermudah masyarakat dan stakeholder akuntan untuk mengakses perencanaan dan pelaporan keuangan negara.
 
"Saya meresmikan aplikasi BAS mobile online. Ini adalah aplikasi online yang bisa digunakan seluruh stakeholder tapi akuntansi dan pelaporan keuangan, semakin orang banyak melihat akan bisa memahami keuangan negara dan penggunaannya," ujar Ani sapaannya dalam Rakernas Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019, di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis 12 September 2019.
 
BAS merupakan daftar kodefikasi dan klasifikasi terkait transaksi keuangan yang disusun secara sistematis sebagai pedoman dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan keuangan pemerintah. Ani bilang aplikasi tersebut akan menjawab banyak pertanyaan masyarakat mengenai anggaran kesehatan hingga anggaran ke daerah masing-masing.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak orang nyeletuk anggaran kita berapa, untuk kesehatan berapa, waktu di Papua mereka tanya berapa anggaran ke Papua, kami memiliki semua data itu dan kami upload di LKPD pemerintah daerah dan pemerintah pusat ada," ungkap Ani.
 
Ani berharap dengan kemudahan akses terhadap keuangan negara, masyarakat tak lagi asal mendebatkan penggunaan anggaran pemerintah. Adapun dasar hukum dari Bagan Akun Standar adalah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 214/PMK.05/2013 tanggal 31 Desember 2013 tentang Bagan Akun Standar.
 
"Nanti masyarakat waktu mendebatkan kebijakan fiskal dan menggunakan sumber negara mereka berbasiskan data tidak hanya ngalor ngidul asal nyinggung. Sekarang debatnya bisa pakai data dan bukti," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif