Direktur sekaligus Head of Marketing BNP Paribas AM Maya Kamdani. FOTO: BNP Paribas
Direktur sekaligus Head of Marketing BNP Paribas AM Maya Kamdani. FOTO: BNP Paribas

Inklusi Jadi Kunci Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Inklusif

Angga Bratadharma • 05 Agustus 2022 15:07
Jakarta: PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) melihat pentingnya melibatkan berbagai kelompok tanpa memandang gender dan latar belakang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi termasuk di sektor pasar modal. Apalagi inklusi keuangan saat ini masih terbilang rendah.
 
Meningkatnya inklusi keuangan harus menjadi fokus karena dipercayai mendukung upaya pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Di 2020, Survei Nasional Keuangan Inklusif yang diselenggarakan Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif mencatat tingkat inklusi keuangan masih 81,4 persen, sedangkan pemerintah memiliki target inklusi keuangan 90 persen di 2024.
 
Direktur sekaligus Head of Marketing BNP Paribas AM Maya Kamdani menjelaskan BNP Paribas melihat ada dua hal yang menjadi tantangan besar untuk meningkatkan perekonomian yang inklusif, yaitu literasi keuangan yang masih rendah dan akses terhadap sektor finansial formal bagi lapisan masyarakat yang lebih luas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karenanya kami berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam peningkatan inklusi ini melalui dua aspek, yaitu melalui kesetaraan dan akses terhadap edukasi keuangan," kata Maya, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 5 Agustus 2022.
Baca: BLU Batu bara Perlu Inklusif untuk Industri Nonkelistrikan

BNP Paribas AM menilai keterlibatan perempuan dalam kegiatan perekonomian juga berpotensi mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Suatu perekonomian di mana jika kaum perempuan diberikan kesempatan yang sama atau terdapat gender equality, maka negara tersebut dapat merasakan manfaat ekonominya.
 
Sementara itu, menurut Global Woman Financial Literacy Index, akses keuangan wanita di Indonesia saat ini masih empat persen di bawah pria. Merespons hal tersebut, BNP Paribas AM menegaskan kembali dukungannya terhadap kesetaraan gender dan inklusi ekonomi di mana hal ini tercermin dalam berbagai upaya yang dilakukan BNP Paribas AM.
 
"Perusahaan percaya setiap individu, apapun latar belakangnya, berhak mendapatkan akses yang sama untuk edukasi, khususnya tentang perencanaan keuangan dan kesempatan kerja yang lebih baik agar dapat mempunyai kemampuan lebih untuk menentukan arah masa depannya dan secara jangka panjang turut berkontribusi dalam perekonomian negara," pungkas Maya.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif