Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)
Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)

BSI Kenalkan Sukuk Ritel SR014 ke Nasabah, Investasi Mulai Rp1 Juta

Ekonomi sukuk ritel Bank Syariah Indonesia
Rendy Renuki H • 04 Maret 2021 10:32
Jakarta: Pemerintah menerbitkan Surat Berharga Syarah Negara (SBSN) ritel jenis Sukuk Ritel Seri SR014 sejak Jumat 26 Februari 2021. Sukuk Ritel SR014 didistribusikan bagi investor individu melalui mitra yang ditunjuk pemerintah, salah satunya Bank Syariah Indonesia (BSI).
 
SR014 merupakan surat berharga syariah negara yang aman. BSI menawarkan investasi tersebut dengan minimum pemesanan mulai Rp1 juta hingga maksimal Rp3 miliar, dengan jangka waktu tiga tahun (tradable).
 
"Imbalan hasil 5,47 persen per tahun dipotong 15 persen (jenis imbalan fixed rate)," terang Pawning Sales Officer BSI KC Jakarta Kebon Jeruk 1 Ronald Reagen, kepada Medcom.id, Rabu, 4 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Imbal hasilnya flat setiap bulan masuk ke rekening BSI selama tiga tahun (pembayaran bagi hasilnya setiap tanggal 10). Setelah jatuh tempo, dana akan otomatis kembali ke rekening BSI," lanjutnya.
 
Saat ini, Sukuk Ritel SR014 yang ditawarkan BSI memiliki masa penawaran 26 Februari sampai 17 Maret 2021. Tanggal jatuh tempo penawaran tersebut sampai 10 Maret 2024.
 
"Pembeliannya bisa melalui BSI Net Banking. Kalau ada dana idle (mengendap) bisa dimanfaatkan, bagi hasilnya di atas bagi hasil deposito," ujar Ronald.
 
Namun, Sukuk Ritel SR014 tidak seperti deposito yang menerapkan penalti jika dana ditarik sebelum jatuh tempo. Penarikan bisa dilakukan namun untuk dijual kembali ke pasar uang syariah. 
 
"Tidak ada penalti, tapi nanti dijual di pasar uang. Biasanya lebih dari modal pokok yang masuk, tergantung juga nilai nanti di pasar uang syariahnya," tutup Ronald.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif