NEWSTICKER
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Setkab)
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Setkab)

Pemerintah Berencana Umumkan Tarif Baru Tiket Pesawat

Ekonomi bisnis maskapai pesawat penerbangan Tarif Tiket Pesawat
Desi Angriani • 02 Agustus 2019 17:16
Jakarta: Pemerintah berencana menghapus diskon tarif tiket penerbangan pesawat berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA). Kebijakan itu akan digantikan dengan tarif tiket penerbangan baru yang tetap terjangkau oleh masyarakat.
 
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah ingin menetapkan harga yang lebih murah dari harga normal untuk menggantikan diskon tiket yang hanya berlaku pada Selasa, Kamis, dan Sabtu.
 
"Nanti sebulan lagi kita akan berlakukan tarif yang tidak lagi hari-hari tertentu," kata Darmin, di Gedung Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat, 2 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini pemerintah masih menggodok aturan yang mampu memberikan win-win solution bagi maskapai, operator dan penyedia bahan bakar tanpa perlu menggunakan skema sharing cost. Sebab, berbagi beban bersama bukan lah kebijakan yang tepat untuk memberikan tarif penerbangan murah ke masyarakat dalam jangka panjang.
 
"Masa iya ambil sini taruh di sana. Ya enggak sustainable. Yang dicari sekarang adalah solusi yang sustainable yang bisa terus menerus tanpa kemudian ada yang mengorbankan," tuturnya.
 
Namun demikian, Darmin enggan merinci lebih jauh kebijakan atau pola yang akan diterapkan pemerintah. Misalnya, memberikan porsi insentif yang lebih besar atau efesiensi dari eksternal dan internal maskapai. Hanya saja tarif baru tiket ini akan diumumkan bulan depan.
 
"Jadi kita akan sedang menelurusi mana yang perlu dibenahi dan itu perlu kita targetkan satu bulan selesai. Nah setelah itu kita umumkan ini dia yang baru," tukasnya.
 
Adapun penerbangan murah saat ini diputuskan untuk jadwal keberangkatan Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 10.00-14.00 WIB bagi maskapai LCC domestik dengan tipe pesawat jet. Alokasi kursi pun hanya 30 persen dari total kapasitas pesawat tersebut.
 
Citilink menyediakan 62 penerbangan per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total 3.348 seat. Sementara Lion Air Group menyediakan 146 flight per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total 8.278 seat.

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif