Ilustrasi belanja pegawai daerah - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi belanja pegawai daerah - - Foto: MI/ Ramdani

Kemenkeu: Belanja Pegawai di Daerah Masih Tinggi

Ekonomi Kementerian Keuangan apbd Pemerintah Daerah belanja negara
Antara • 28 April 2022 16:53
Jakarta: Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto menyebut belanja pegawai di daerah masih tinggi. Ini tercermin dari persentase belanja pegawai dibandingkan dengan dana alokasi umum (DAU) yang mencapai lebih dari 60 persen.
 
"Saya rasa ini pekerjaan rumah bersama, nanti kami bisa dengan Bappenas dan Kemendagri sama-sama kawal," kata Astera dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2022, Kamis, 28 April 2022.
 
Sementara rata-rata belanja infrastruktur daerah masih sangat rendah, yakni sekitar 11 persen. Karena itu, kualitas belanja daerah harus ditingkatkan agar menjadi salah satu pilar reformasi desentralisasi fiskal sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah (UU HKPD).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain meningkatkan kualitas belanja daerah, Astera menyampaikan pilar lain dari UU HKPD adalah menguatkan sistem perpajakan daerah melalui mendorong kemudahan berusaha, mengurangi retribusi atas layanan wajib, opsen perpajakan daerah, serta basis pajak baru. Pilar selanjutnya adalah meminimumkan ketimpangan vertikal dan horizontal, serta harmonisasi belanja pusat dan daerah.
 
"Ketimpangan ini bs dikurangi dari dua pendekatan, yakni peningkatan penerimaan dan memfokuskan belanja," tuturnya.
 
Sementara untuk harmonisasi, diperlukan antara lain desain transfer ke daerah yang dapat berfungsi sebagai kebijakan counter-cyclical, pengendalian defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), penyelarasan kebijakan fiskal pusat dan daerah, hingga penguatan pengawasan dan evaluasi.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif