Ilustrasi penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional - - Foto: MI/ Ramdani

Penyerapan Dana PEN Capai Rp304,6 Triliun hingga Kuartal III-2020

Ekonomi Virus Korona RAPBN 2020 Pemulihan Ekonomi Nasional
Annisa ayu artanti • 30 September 2020 19:45
Jakarta: Realisasi dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sudah mencapai Rp304,6 triliun. Capaian tersebut setara 43,8 persen total pagu anggaran sebesar Rp695,2 triliun.
 
"Sampai akhir September dan akhir kuartal ketiga ini pencairan kita sudah semakin cepat, Saya sampaikan di sini bahwa akhirnya kita sudah berhasil mencairkan sekitar Rp304,6 triliun," kata Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional PEN Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Rabu, 30 September 2020.
 
Budi menjelaskan realisasi penyerapan per klaster juga semakin cepat. Adapun total klaster ekonomi sebesar Rp255,22 triliun dengan rincian untuk perlindungan sosial sebesar Rp150,86 triliun, program dukungan UMKM sebesar Rp79,06 triliun, dan program sektoral K/L sebesar Rp25,3 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk menyalurkan pembiayaan bagi program koperasi.
 
"Tapi ini (program koperasi) memang sifatnya lump sum dan besar. Kami harapkan di awal Oktober atau kuartal keempat kami akan masuk," ucap Budi.
 
Sementara berdasarkan data Kementerian Keuangan, pemerintah telah menyalurkan insentif yang diberikan kepada usaha sebesar Rp27,61 triliun.
 
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan dari keseluruhan anggaran PEN terdapat pagu untuk insentif dunia usaha yakni sebesar Rp120,61 triliun.
 
Satgas pun optimistis dengan tren kenaikan penyaluran tersebut akan mempercepat pemulihan ekonomi di Tanah Air.
 
"Insyaallah sampai akhir tahun seluruh anggaran bisa kita serap sehingga bisa memberikan daya ungkit yang cukup tinggi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal ketiga dan keempat," pungkas Budi.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif