Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Investasi Jadi Kunci Capai Pertumbuhan Ekonomi 5% di 2021

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi investasi Ekonomi Indonesia kemudahan berusaha
Eko Nordiansyah • 02 Oktober 2020 17:07
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku target pertumbuhan ekonomi lima persen pada 2021 masih cukup optimistis bisa dicapai. Salah satu kunci agar pertumbuhan ekonomi kembali pulih pada tahun depan adalah menarik investasi.
 
"Kita bertahan dalam menghadapi covid, tapi jangan lupa kita harus menyerang. Pertumbuhan ekonomi harus support, apa mesinnya? Investasi," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu dalam video conference di Jakarta, Jumat, 2 Oktober 2020.
 
Febrio menambahkan akan sangat sulit bagi pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi jika investasi tumbuh negatif. Sedangkan upaya untuk menarik investasi adalah dengan memperbaiki peringkat kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus reformasi dari 2020 ke 2021, termasuk bagaimana investasi harus positif di 2021. Kalau (investasi) tetap negatif, berat sekali. Cara investasi positif? Ya peluang harus diperbaiki, ditingkatkan EODB-nya," jelas dia.
 
Di luar itu, pemerintah akan tetap mengoptimalkan belanja negara untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional tahun depan. Sejumlah belanja negara produktif yang berdampak kepada ekonomi dan masyarakat secara langsung akan dilanjutkan.
 
"Anggaran pendidikan 20 persen PDB, (anggaran) kesehatan lebih dari lima persen PDB. Ini bagian dari reform yang harus dilakukan dan 2020 sudah dibuktikan kita harus siap lagi. (Belanja) perlindungan sosial lanjut, infrastruktur lanjut," ungkapnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif