Ketua Bidang Hubungan Internasional Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Martin Manurung. Foto: Medcom.id.
Ketua Bidang Hubungan Internasional Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Martin Manurung. Foto: Medcom.id.

Indonesia Masih Aman dari Ancaman Kebangkrutan

Medcom • 21 Juli 2022 16:42
Jakarta: Indonesia dinilai masih aman dari ancaman kebangkrutan di tengah kondisi ekonomi dunia yang bergejolak akibat tingginya angka inflasi. Ekonomi Indonesia memiliki sistem yang cukup baik untuk mengantisipasi gejolak ekonomi global.
 
"Semua negara memang lagi banyak masalah. Bahkan, dalam sejarah, banyak terjadi negara gagal. Kita (Indonesia) belum, kita masih tertata dengan baik dan bagus," ungkap Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 21 Juli 2022.
 
Meski dilanda masalah, Martin menegaskan Indonesia tidak akan seperti Sri Lanka. Perlu diketahui, Sri Lanka baru saja mengumumkan kebangkrutannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebangkrutan tersebut karena gagal membayar utang luar negeri senilai USD51 miliar (Rp764,79 triliun). Serta kehabisan stok dolar sehingga tidak mampu membiayai impor barang-barang pokok termasuk Bahan Bakar Minyak (BBM), akibatnya berbagai harga mengalami kenaikan yang cukup tinggi.
 
Baca juga: Peluang Resesi Indonesia Kecil, Ini Buktinya!

Mencegah Indonesia dari kebangkrutan

Beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil, di antaranya, dengan menjaga bangsa misalnya menunjukkan sikap yang taat pajak, serta keamanan dalam negeri yang kondusif.
 
"Supaya kita tidak seperti Sri Lanka, kita harus tenang, jangan mudah terprovokasi dan juga kita harus jaga negara kita ini," papar Ketua Bidang Hubungan Internasional Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem ini.
 
Survei dari lembaga kajian ekonomi, Visual Capitalist, melaporkan sebanyak 25 negara di dunia terancam mengalami kebangkrutan, yakni El Salvador, Ghana, Tunisia, Pakistan, Mesir, Kenya, Argentina, Ukraina, Bahrain, Namibia, Brasil, Angola, Senegal, Rwanda, Afrika Selatan, dan Costa Rika.
 
Kemudian negara Gabon, Moroko, Ekuador, Turki, Republik Dominika, Ethiopia, Colombia, Nigeria dan Meksiko juga diambang kebangkrutan. (Valerie Augustine Budianto)
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif