Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: Bappenas.
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: Bappenas.

Kepala Bappenas: HUT RI Jadi Momentum Gotong Royong Capai SDGs 2030

Antara • 12 Agustus 2022 14:51
Jakarta: Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada bulan ini merupakan momentum untuk menunjukkan kerja gotong royong dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.
 
Pada decade of action atau 10 tahun terakhir menuju SDGs 2030 ini, ia mengatakan berbagai pihak harus terus bahu-membahu mewujudkan berbagai target yang telah ditetapkan.
 
"Kita harus terus bahu-membahu mewujudkan pencapaian target tersebut," ujar Suharso pada Indonesia SDG's Action Award 2022 yang dipantau secara daring, Jumat, 12 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun upaya pencapaian target SDGs tersendat oleh adanya pandemi covid-19, kata dia, pandemi justru menguatkan solidaritas dan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap masalah sosial, ekonomi, lingkungan, hingga tata kelola.
 
"Pandemi mendorong kita fokus pada pencapaian target agar tidak seorangpun tertinggal, sehingga kita pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ujar Suharso Monoarfa.
 
Adanya SDGs, menurutnya, telah membuka ruang inovasi dalam berbagai bidang yang tidak hanya berfokus pada pencapaian ekonomi, namun juga memperhatikan nilai sosial, lingkungan, dan tata kelola yang baik dan benar.
 
Selain itu adanya SDGs juga memberikan stimulus kepada berbagai pihak untuk bekerja secara terintegrasi, inklusif, dan bermitra, serta sensitif terhadap segala kondisi agar tidak ada pihak yang tertinggal.
 
Baca juga: Bappenas: RI Butuh Lebih dari USD1 Triliun Capai Target SDGs

 
Suharso mengatakan kolaborasi seluruh pemangku kebijakan akan berperan penting dalam pembangunan ekosistem berkelanjutan yang lebih transparan, akuntabel, serta mementingkan Hak Asasi Manusia (HAM).
 
"Kita harus optimistis kolaborasi semua pihak adalah kunci untuk menjawab segala tantangan yang sedang dan akan kita hadapi dari waktu ke waktu,” ujar Suharso.
 
Dalam upaya mencapai target SDGs, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Indonesia SDGs Action Award 2022 sebagai wadah kompetisi sekaligus apresiasi untuk berbagai pihak yang mendukung upaya pencapaian target. Suharso berharap ajang ini menjadi stimulus dalam upaya mencapai berbagai target SDGs 2030.
 
"Mudah-mudahan pemberian penghargaan pertama kali untuk aksi nyata SDGs yang dimulai pada tahun ini menjadi cemeti dan stimulan untuk bersama-sama menyelenggarakan SDGs," ujar Suharso.
 
SDGs Indonesia bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif