Warga berbelanja bahan makanan di Pasar kebayoran Lama, Jakarta Selatan menjelang Lebaran. Foto: dok MI/Ramdani.
Warga berbelanja bahan makanan di Pasar kebayoran Lama, Jakarta Selatan menjelang Lebaran. Foto: dok MI/Ramdani.

Ada Ramadan, Inflasi April 2022 Diprediksi Capai 0,85%

Ekonomi Inflasi pangan Pertamax Harga BBM PPN Indeks Harga Konsumen Lebaran 2022 Ramadan 2022
Eko Nordiansyah • 07 Mei 2022 18:50
Jakarta: Indeks Harga Konsumen (IHK) pada April 2022 diprediksi mengalami inflasi sebesar 0,85 persen month to month (mtm) atau 3,37 persen year on year (yoy). Inflasi mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 2,64 persen (yoy) karena adanya momen Ramadan.
 
"Peningkatan inflasi bulan lalu didorong oleh seluruh komponen inflasi baik inflasi inti, harga bergejolak dan harga diatur pemerintah," kata Ekonom Bank Permata Josua Pardede kepada wartawan, Sabtu, 7 Mei 2022.
 
Ia menyebut, kenaikan inflasi harga bergejolak sejalan dengan kenaikan harga komoditas pangan terutama pada Ramadan dan jelang Idulfitri dengan beberapa komoditas pangan yang mendorong inflasi antara lain daging ayam, daging sapi, telur ayam, minyak goreng, bawang putih, dan gula.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sementara itu terdapat beberapa komoditas pangan yang mengalami penurunan harga seperti bawang merah, cabai merah dan cabai rawit yang membatasi kenaikan inflasi harga bergejolak," ungkapnya.
 
Selain inflasi harga bergejolak, Josua menambahkan, kenaikan inflasi harga diatur pemerintah akan didorong oleh kenaikan harga pertamax serta kenaikan tarif transportasi udara sejalan dengan permintaan yang meningkat dalam rangka mudik Lebaran tahun ini.
 
"Inflasi inti April juga diperkirakan akan meningkat 2,6 persen (yoy) dari bulan sebelumnya 2,37 persen (yoy), sejalan dengan peningkatan konsumsi domestik pada bulan Ramadan. Selain itu, kenaikan tarif PPN juga berkontribusi pada kenaikan inflasi April," pungkas dia.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif