Anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) - - Foto: Medcom/ Desi Angriani
Anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) - - Foto: Medcom/ Desi Angriani

Sri Mulyani: Menjaga Stabilitas Keuangan Ibarat Main Basket

Ekonomi basket Sri Mulyani Industri Keuangan kssk
Eko Nordiansyah • 11 November 2020 18:19
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengibaratkan upaya menjaga stabilitas sistem keuangan layaknya bermain basket antara Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maupun Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), para pimpinan keempat kementerian dan lembaga ini memiliki peran masing-masing. Mereka melakukan semua tugas dalam menjaga stabilitas sistem keuangan secara bersama-sama.
 
"Kadang bola saya oper ke Pak Perry, Pak Perry dribble dan lempar ke Pak Wimboh. Kemudian dilempar ke saya, lalu saya bawa lari ke depan. Saya enggak tahu dan semoga kita bisa masukkan ke keranjang dan gol," kata dia dalam webinar dalam webinar Indonesia Fintech Summit 2020 di Jakarta, Rabu, 11 November 2020.
 
Dalam kondisi pandemi covid-19, Sri Mulyani menyebut upaya menjaga stabilitas sistem keuangan dilakukan sembari mendorong pemulihan ekonomi. Apalagi dalam dua kuartal terakhir, ekonomi Indonesia mengalami kontraksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya setuju 100 persen atau bahkan 1.000 persen. Meski kita dalam tantangan luar biasa dari covid, kita tetap harus punya optimisme. Karena itu tidak hanya membuat semangat, juga memberikan direction ke kita untuk bisa fokus ke pemulihan ekonomi," jelas dia.
 
Ia menambahkan, sejauh ini upaya untuk memulihkan ekonomi sudah terlihat dari menurunnya kontraksi ekonomi. Jika pada kuartal II-2020 ekonomi tercatat minus 5,32 persen, namun di kuartal III angkanya membaik menjadi minus 3,49 persen.
 
"Tanda-tanda pemulihan terlihat sangat nyata pada kuartal III. Jadi kami otoritas fiskal, moneter, tempat Pak Wimboh, terus melakukan kerja sama dalam rangka semakin mendorong tren yang semakin baik," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif