Menteri BUMN Rini Soemarno - - Foto:Medcom.id/ Husen Miftahudin
Menteri BUMN Rini Soemarno - - Foto:Medcom.id/ Husen Miftahudin

Menteri Rini Usul PPN Avtur Dihapus

Ekonomi bisnis maskapai pajak kementerian bumn Avtur
Dheri Agriesta • 13 Februari 2019 15:35
Jakarta: Pemerintah sedang mengkaji penurunan harga bahan bakar avtur yang dikeluhkan maskapai penerbangan. Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengusulkan agar pajak pertambahan nilai (PPN) yang dibebankan terhadap avtur dihapuskan.
 
"Harapannya dihapus," kata Rini sembari berbisik di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 13 Februari 2019.
 
Menurutnya harga avtur di Indonesia tak jauh berbeda dengan Singapura. Namun, bahan bakar pesawat di Singapura tak dikenakan pajak. Karena itu, penghapusan PPN untuk avtur perlu dipertimbangkan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rini pun mengaku sedang menghitung secara rinci struktur harga penjualan bahan bakar avtur. Di samping mengusulkan penghapusan PPN avtur kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani.
 
Adapun Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan telah menetapkan aturan mengenai batas atas harga jual eceran bahan bakar minyak untuk penerbangan atau avtur. Sehingga, harga dasar avtur akan disamakan dengan Singapura dan negara lain.
 
"Nah ini saya sekarang lihat di semua titik kita, based structure udah seperti yang mengikuti formula ESDM atau bagaimana sehingga kalau itu kita bisa turun sampau berapa persen," jelas Rini.
 
Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku akan melihat penyebab tingginya harga avtur. Pasalnya pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap avtur dituding menjadi penyebab tingginya harga avtur.
 
Menurut dia, pemerintah akan menyediakan level of playing field yang sama dengan negara lain. Apalagi jika negara lain mengenakan PPN avtur yang lebih rendah dibandingkan dengan Indonesia.
 

 


 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif