Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia
Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia

Harkitnas Harus Jadi Momentum Tingkatkan Akselerasi Ekonomi

Antara • 20 Mei 2022 17:33
Purwokerto: Pengamat ekonomi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Rio Dhani Laksana mengatakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan momentum yang tepat untuk makin meningkatkan akselerasi pertumbuhan ekonomi yang sempat terdampak covid-19.
 
"Harkitnas harus mampu menginspirasi seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan akselerasi ekonomi Indonesia," kata Rio, yang juga Kepala Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed itu, dilansir dari Antara, Jumat, 20 Mei 2022.
 
Apalagi, katanya, tahun ini juga bertepatan dengan tahun Presidensi G20 Indonesia. "Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam Presidensi G20 adalah 'Recover Together, Recover Stronger' yakni 'Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat'. Indonesia diharapkan dapat memasukkan berbagai agenda pertumbuhan ekonomi yang penting guna meningkatkan akselerasi," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rio Dhani Laksana menambahkan untuk mencapai transformasi ekonomi, maka ekosistem pengetahuan dan inovasi memiliki peran yang sangat penting. "Tentunya dengan menggunakan pendekatan ekonomi berbasis pengetahuan ke dalam agenda-agenda kebijakan global serta mendorong keterlibatan negara-negara G20," katanya.
 
Dengan demikian, maka Presidensi G20 akan menempatkan Indonesia pada garis depan perhatian internasional, terutama terkait dengan kebijakan ekonomi dan sosial.
 
"Momentum kebangkitan nasional dalam KTT G20 mengharuskan bangsa ini meredesain transformasi ekonomi pascapandemi covid-19, tidak hanya kembali ke masa sebelum krisis, namun untuk menjadi lebih baik dari masa sebelum krisis," katanya.
 
Transformasi ekonomi, merupakan titik penting bagi Indonesia untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Rangkaian kegiatan G20 di Indonesia, dan kehadiran para delegasi diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kontribusi dalam mendukung pemulihan ekonomi domestik.
 
"Berbagai kegiatan di berbagai kota di Indonesia baik secara langsung akan berkontribusi terhadap sektor jasa seperti perhotelan, transportasi, UMKM dan sektor terkait lainnya, sementara secara tidak langsung akan berdampak terhadap persepsi investasi dan pelaku ekonomi," tuturnya.
 
Harkitnas pada momentum KTT G20 Indonesia, menurut dia, merupakan momen pemulihan ekonomi regional dengan mempromosikan potensi dan kesiapan pariwisata serta mendorong keterlibatan UMKM daerah.
 
"Dengan demikian, maka masyarakat diharapkan mendapatkan manfaat nyata dari rangkaian event G20 tersebut," pungkasnya.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif