Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

Kabinet Jokowi-Ma'ruf Diharap Mampu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi pertumbuhan ekonomi kabinet kerja
Nia Deviyana • 12 Juli 2019 18:37
Jakarta: Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta berharap susunan kabinet di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin dapat membawa pertumbuhan perekonomian yang lebih positif.
 
Arif tidak memungkiri kondisi perekonomian ke depan cukup sulit seiring dengan ketidakpastian global. Bahkan, Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global 2019 menjadi 3,3 persen dari semula 3,5 persen.
 
"Kita dihadapkan pada tantangan perekonomian nasional yang tidak gampang. Terutama dinamika pertumbuhan ekonomi global yang downside atau menurun," ujar Arif di Megawati Institute, Jalan Raya Proklamasi No. 53 Jakarta Pusat, Jumat, 12 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arif berharap jelang penyusunan kabinet baru, tim yang dibentuk Jokowi-Ma'ruf bisa menghadapi tantangan tersebut. Salah satunya dengan mendorong sektor unit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
 
"UMKM menjadi sangat penting bagi kita untuk menciptakan banyak lapangan pekerjaan, menumbuhkan ekonomi, sekaligus menciptakan pemerataan," jelasnya.
 
Arif menuturkan alasan kenapa kabinet yang dibentuk perlu berpihak pada pengembangan UMKM, yakni karena sektor ini mengandalkan sumber daya lokal.
 
"Optimalisasi sumber daya lokal, maka mampu menciptakan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja," tukasnya.
 
Arif optimistis jika pemerintah fokus mendorong kenaikan omzet UMKM dengan target sebesar 30 persen, dan usaha kecil sekitar 10 persen, maka perekonomian nasional setidaknya dapat tumbuh tujuh persen.
 
"Dengan demikian Indonesia bisa terbebas dari jebakan negara pendapatan menengah atau middle income trap dan pertumbuhan ekonomi stagnan di lima persen," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif