Ilustrasi penduduk miskin - - Foto: Medcom.id
Ilustrasi penduduk miskin - - Foto: Medcom.id

Waduh! Meski Mau Beres, BLT BBM Dinilai Belum Bisa Selamatkan Rakyat dari Jurang Kemiskinan

Despian Nurhidayat • 29 September 2022 09:00
Jakarta: Pemerintah menyatakan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) sudah tersalurkan kepada 19,7 juta penerima. Jumlah ini dikatakan setara dengan 95,9 persen dari total penerima manfaat.
 
Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah mengatakan, meskipun penyaluran BLT BBM hampir rampung, namun pemerintah masih jauh dari kata berhasil untuk mencegah masyarakat jatuh ke jurang kemiskinan
 
"BLT BBM tidak bisa menyelamatkan masyarakat yang jatuh ke jurang kemiskinan," ungkapnya kepada Media Indonesia, dikutip Kamis, 29 September 2022.
 
Baca juga: Angin Segar Nih! Presiden Janji Tambah Bansos untuk Masyarakat

 
Lebih lanjut, Piter menambahkan BLT BBM ini hanya bersifat sementara untuk didapatkan masyarakat dan tidak berpengaruh signifikan.
 
"BLT bukan komponen pendapatan tetap yang diperhitungkan dalam analisis kemiskinan. BLT nilainya relatif kecil dan hanya bersifat sementara," tegas Piter.
 
Selain BLT BBM, pemerintah juga menyatakan telah menyalurkan Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU) bagi pekerja/buruh yang sudah mencapai 48,3 persen kepada 7,07 juta penerima.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif