Ilustrasi. Foto : MI/ARYA MANGGALA.
Ilustrasi. Foto : MI/ARYA MANGGALA.

Proyeksi Kekurangan Penerimaan Pajak di Bawah Rp200 Triliun

Ekonomi dirjen pajak
Eko Nordiansyah • 25 November 2019 20:25
Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan memperkirakan kekurangan penerimaan pajak (shortfall) tahun ini tak lebih dari Rp200 triliun. Sebelumnya, shortfall diperkirakan bisa mencapai Rp140 triliun atau lebih besar dari kekurangan pajak tahun lalu yang sebesar Rp108,1 triliun.
 
"Kalau dari tahun lalu saja sudah pasti melebar karena outlook kita saja sudah Rp140 triliun sementara tahun lalu Rp110 triliun," kata Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu Yon Arsal dalam diskusi di Kawasan Senayan, Jakarta, Senin, 25 November 2019.
 
Dirinya menjelaskan kondisi ekonomi memang menjadi penyebab penerimaan pajak melemah. Meski begitu, DJP akan berupaya maksimal untuk meraup penerimaan pajak sampai dengan akhir tahun sesuai dengan target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti kami lihat perkembangan dari waktu ke waktu masih dicermati jadi mudah-mudahan tidak sebesar itu shortfall-nya. Tapi mungkin ada pelebaran sedikit dari yang sudah disampaikan kemarin tapi tidak sebesar itu juga," ungkap dia.
 
Sampai dengan Oktober 2019, penerimaan pajak baru Rp1.018,47 triliun atau 64,56 persen dari target Rp1.577,56 triliun. Penerimaan pajak hanya tumbuh 0,23 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang tumbuh 16,21 persen.
 
Yon menambahkan DJP terus melakukan ekstra effort untuk meningkatkan penerimaan pajak. DJP mendorong voluntary payment dari para wajib pajak, ditambah pengawasan, pemeriksaan, sampai dengan penegakan hukum melalui data keuangan yang dimiliki
 
"Ekstra effort kalau sampai laporan bulan Oktober sudah di atas Rp120 triliun. Tapi sekali lagi harus dipahami betul kondisinya ekonomi sangat berbeda dibandingkan dengan tahun lalu," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif