Ilustrasi. Foto: dok MI/Bary Fathahilah.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Bary Fathahilah.

Persepsi Konsumen terhadap Kondisi Ekonomi Saat Ini Meningkat

Ekonomi lapangan pekerjaan Bank Indonesia Konsumen Ekonomi Indonesia Survei BI
Husen Miftahudin • 11 Mei 2022 13:34
Jakarta: Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) periode April 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terpantau meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) periode laporan yang mencapai sebesar 113,1 atau lebih tinggi dari 111,0 pada Maret 2022.
 
"Peningkatan IKK April 2022 didorong oleh meningkatnya persepsi konsumen terhadap ekonomi saat ini, terindikasi dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) April 2022 yang tercatat sebesar 98,9, lebih besar dari 93,9 pada bulan sebelumnya," ungkap hasil Survei Konsumen Bank Indonesia, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis (indeks di atas 100) meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya. Ini terutama ditopang oleh ekspektasi penghasilan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini tercermin dari IEK April 2022 yang berada pada level 127,2, sedikit termoderasi dari bulan sebelumnya sebesar 128,1," urai BI.
 
Pada April 2022, peningkatan IKK terpantau pada sebagian besar kelompok pengeluaran responden. Tertinggi pada responden dengan pengeluaran lebih dari Rp5 juta per bulan, serta pada mayoritas kelompok usia responden dengan kenaikan terbesar pada responden berusia 51-60 tahun.
 
Secara spasial, IKK April 2022 terpantau meningkat di sembilan wilayah cakupan survei. Terutama di Kota Bandar Lampung (23,0 poin), Samarinda (14,6 poin), dan Denpasar (14,1 poin).
 
Di sisi lain, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini meningkat dari bulan sebelumnya. Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) April 2022 tercatat sebesar 98,9 atau naik sebesar 5 6 poin dibandingkan Maret 2022.
 
Kenaikan IKE didorong oleh peningkatan seluruh indeks pembentuknya, antara lain Indeks Penghasilan Saat Ini, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja, dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama (durable goods) yang masing-masing naik sebesar 4,5, 8,2, dan 2,2 poin menjadi 106,2, 95,9, dan 94,5.
 
"Secara spasial, meningkatnya IKE terjadi di 12 kota yang disurvei dengan kenaikan tertinggi di kota Bandar Lampung (27,2 poin), diikuti Samarinda (19,5 poin) dan Denpasar (18,6 poin)," jelas Bank Indonesia.
 
Untuk persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan enam bulan yang lalu meningkat pada April 2022. Kenaikan Indeks Penghasilan Saat ini terjadi pada hampir seluruh kelompok responden, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp4,1 juta sampai Rp5 juta per bulan.
 
Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja pada April 2022 meningkat cukup signifikan dari 87,7 pada bulan sebelumnya menjadi 95,9. Berdasarkan kategori pendidikan responden, kenaikan indeks terjadi pada mayoritas kelompok pendidikan, terutama pada responden dengan pendidikan akademi dan pasca sarjana.
 
Sejalan dengan meningkatnya persepsi konsumen terhadap pendapatan dan ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini pada April 2022, kenaikan indeks juga terjadi pada keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods).
 
"Indeks Pembelian Barang Tahan Lama (durable goods) terpantau meningkat pada sebagian tingkat pengeluaran responden, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp3,1 juta hingga Rp4 juta per bulan," pungkas survei BI tersebut.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif