Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Kemenkeu

Sri Mulyani Bantah Separuh Dana IKN dari APBN

Eko Nordiansyah • 18 Januari 2022 17:37
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membantah separuh dari pendanaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Penggunaan kas negara justru dilakukan seminimal mungkin.
 
"Kalau mengenai anggaran apalagi porsi APBN dan lain-lain nanti kita akan hitung. Jadi sebetulnya enggak ada pre-conception 54 persen adalah APBN," kata dia dalam konferensi pers, Selasa, 18 Januari 2022.
Adapun pemerintah akan mencari skema yang pas untuk pembiayaan pembangunan IKN tersebut. Misalnya dengan menggunakan Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) maupun pendanaan melalui swasta, BUMN, atau BUMD.
 
Dalam tahap awal pembangunan IKN memang lebih banyak mengandalkan APBN sebagai pembiayaan untuk infrastruktur dasar. Namun, pemerintah harus menyeimbangkan adanya kebutuhan anggaran lain untuk penanganan covid-19, pemulihan ekonomi, hingga pemilu 2024.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti tadi disampaikan kita akan lihat tahapannya ada lima, tahapan yang paling awal adalah 2022-2024 itu kalau di-front end ya pasti APBN biasanya akan lebih banyak karena biasanya begitu. Namun dalam kurun 2022-2024 ada juga program-program yang harus diseimbangkan tadi," ungkap dia.
 
Ia menambahkan alokasi pembangunan IKN tahun ini akan berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pasalnya, pembangunan infrastruktur dasar ini juga bisa dikategorikan sebagai salah satu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
 
"Makanya kita akan lihat dulu dalam konteks anggaran. Untuk 2022 ini kita akan lihat terutama kementerian yang paling depan sekarang ini Kementerian PUPR. Jadi kita lihat kemarin dari Menteri PUPR alokasi sudah ada dan kebutuhan lebih urgen untuk memulai momentum pembangunan di sana," pungkas dia.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif