Ilustrasi tantangan pemulihan ekonomi Indonesia - - Foto: Medcom
Ilustrasi tantangan pemulihan ekonomi Indonesia - - Foto: Medcom

Ekonomi Mulai Pulih, Ini Tantangan yang Perlu Diwaspadai

Ekonomi Inflasi Pertumbuhan Ekonomi Ekonomi Indonesia pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional Penularan covid-19 Perang Rusia-Ukraina
Eko Nordiansyah • 24 April 2022 14:34
Jakarta: Pemerintah terus mewaspadai sejumlah tantangan di masa pemulihan ekonomi, termasuk terkendalinya kasus penularan covid-19 di Indonesia.
 
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, salah satu yang harus diwaspadai dalam proses pemulihan ekonomi ialah kenaikan inflasi karena scarring effect.
 
Ia menjelaskan, scarring effect terjadi imbas meningkatnya permintaan. Namun, dunia usaha membutuhkan waktu untuk menyiapkan kapasitas produksi seperti sebelum pandemi. Kurangnya pasokan produksi ini menyebabkan peningkatan harga sehingga terjadi kenaikan inflasi lalu menghambat proses pemulihan ekonomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini yang kita harus tangani bagaimana supaya tingkatan harga tidak menjadi terlalu tinggi dan recovery kita tidak terhambat," kata dia dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Minggu, 24 April 2022.
 
Di sisi lain, gejolak geopolitik imbas perang Rusia dan Ukraina turut memengaruhi perekonomian dunia. Tensi geopolitik ini berpengaruh pada inflasi dan mengganggu agenda pemulihan ekonomi di banyak negara.
 
Dana Moneter Internasional (IMF) pun telah mengoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia dari sebelumnya 4,4 persen diturunkan menjadi 3,6 persen. IMF juga memprediksi kenaikan inflasi dunia pada tahun ini dari yang sebelumnya berada di kisaran 3,9 persen, menjadi 5,7 persen.
 
"Bagaimana menyiasati ini, ini tentu yang menjadi pekerjaan rumah dari pemerintah Indonesia secara ekonomi makro dan kemudian menggunakan APBN untuk menangani hal tersebut.  APBN akan menangani pemulihan ekonomi kita dan pada saat yang bersamaan APBN harus fleksibel dan menempatkan dirinya sebagai shock absorber dari apa yang terjadi di seluruh perekonomian dunia ini," pungkas dia.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif