Gubernur Bank Indonesia Agus Martowadojo. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowadojo. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).

Penguatan Rupiah Didorong Masuknya Dana Asing hingga Rp135 Triliun

Eko Nordiansyah • 09 September 2016 22:58
medcom.id, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut, kondisi mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) selama sepekan terakhir mengalami penguatan. Penguatan ini akibat derasnya aliran modal asing yang masuk ke Indonesia.
 
"Minggu ini rupiah menguat. Dibandingkan minggu lalu, rupiah naik 1,4 persen antara Rp13.060-Rp13.070 per USD. Kondisi rupiah menguat didukung oleh besarnya dana masuk ke Indonesia," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (9/9/2016).
 
BI mencatat, dana asing yang masuk ke Indonesia hingga minggu pertama September 2016 mencapai Rp135 triliun. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, aliran modal asing yang masuk hanya Rp41 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, banyaknya aliran modal asing masuk dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global yang menguat dan stabil. Sementara di Amerika Serikat terjadi kencederungan kenaikan Fed Fund Rate sedikit tertahan.
 
"Dalam banyak kondisi, stabilitas global terjaga karena di AS ada indikator tenaga kerja tidak sebaik yang diperkirakan, non farm payroll lebih rendah. Harga minyak terakhir Rusia dan Iran ingin sepakat dengan OPEC dalam stabilisasi harga minyak dan akhirnya membuat harga minyak meningkat," jelas dia.

 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif