Foto: Grafis Medcom.id
Foto: Grafis Medcom.id

Gampang Banget! Ini Langkah Lapor SPT Pajak Pakai e-Filing

Ekonomi Kementerian Keuangan Ditjen Pajak SPT Pajak
Ade Hapsari Lestarini • 12 Maret 2021 13:33
Jakarta: Batas waktu pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Wajib Pajak (WP) tinggal sekitar dua minggu lagi, yakni 31 Maret 2021.
 
Masyarakat pun dapat menggunakan e-filing melalui laman www.pajak.go.id. e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui laman Ditjen Pajak atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP).
 
Apalagi saat ini kita sedang mengalami masa pandemi dan harus membatasi pergerakan sebagai upaya pencegahan penularan covid-19. Sehingga untuk menyampaikan SPT tahunan masyarakat dapat menggunakan e-filing melalui laman Ditjen Pajak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir laman Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Jumat, 12 Maret 2021, cara melapor pajak melalui e-filing ternyata cukup mudah. Namun masih banyak masyarakat yang bingung cara mengisinya.
 
Nah, berikut ada beberapa langkah dalam melaporkan SPT pajak Anda melalui e-filing. Yuk disimak.
 
1. Wajib pajak harus meregistrasikan akun DJP online melalui laman www.pajak.go.id dengan mengaktivasi Electronik Filing Identification Number (EFIN) terlebih dahulu.
 
Caranya, dengan mengirimkan surat elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Registrasi akun DJP online ini sangat mudah, seperti registrasi akun media sosial.
 
2. Sebelum memulai pengisian SPT tahunan, wajib pajak menyiapkan data-data pendukung SPT tahunan seperti bukti potong apabila karyawan, pencatatan atas penghasilan, pembukuan apabila wajib pembukuan, Laporan Realisasi Pemanfaatan Insentif Pajak, daftar harta, daftar utang, daftar keluarga yang menjadi tanggungan (Kartu Keluarga), dan lain-lain.
 
3. Apabila sudah login, wajib pajak dapat mengisi formulir SPT tahunan yang telah disediakan secara daring tersebut.
 
Jangan lupa untuk memilih jenis formulir yang seharusnya, pilihannya antara lain formulir 1770 SS, 1770 S, 1770, dan 1771.
 
Petunjuk pengisian juga telah disediakan melalui jejaring sosial DJP. Pastikan data yang disampaikan adalah benar, lengkap, dan jelas.
 
4. Jika telah selesai, maka bukti penerimaan SPT Tahunan akan disampaikan melalui surat elektronik yang didaftarkan pada akun DJP online.
 
Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) adalah bukti sah dari DJP yang harus disimpan oleh wajib pajak.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif