Ilustrasi penanganan covid-19 - - Foto: Medcom
Ilustrasi penanganan covid-19 - - Foto: Medcom

Kurva Covid-19 Masih Naik Turun, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Ekonomi Virus Korona kementerian perekonomian Pemulihan Ekonomi Nasional protokol kesehatan
Eko Nordiansyah • 17 November 2020 12:07
Jakarta: Pemerintah memantau perkembangan kasus covid-19 yang belum stabil karena masih naik turun. Hal tersebut terus dimitigasi melalui penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi sekaligus.

"Kami tidak melihat prioritas di pemulihan ekonomi atau penanganan kesehatan, dua-duanya merupakan proses yang memang harus dijalankan dan jadi prioritas bersamaan," kata Staf Khusus Menteri Koordinator bidang Perekonomian Reza Yamora Siregar dalam webinar di Jakarta, Selasa, 17 November 2020.
 
Ia menjelaskan upaya penanganan covid-19 salah satunya mendorong masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Upaya ini diharapkan mampu menekan penyebaran pandemi covid-19, meski angkanya masih fluktuatif.
 
"Ini menunjukkan covid masih bisa naik turun, kita antisipasi bahwa proses covid akan terus naik turun, infeksi naik turun yang mudah-mudahan bisa dijaga dengan protokol kesehatan. Supayacycle on infectionmelemah, paling tidak wave lebih terjaga di tahun-tahun ke depan," ungkap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mendorong pemulihan ekonomi, pemerintah terus mempercepat realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program tersebut diklaim mampu mendorong pemulihan ekonomi, yang tercermin pada angka kontraksi lebih rendah pada kuartal III-2020.
 
"Kita berharap mudah-mudahan kuartal II tahun ini merupakan posisi terendah dari ekonomi Indonesia. Kita melihat kontraksi terjadi di kuartal III tapi level relatif ringan. Kita harap terus terjadi perbaikan dan IMF, World Bank report dan market konsensus Bloomberg, bisa terlihat pasar lebihconfidencebahwa indonesia akan kembali ke range lima persen ke atas pertumbuhan ekonominya di 2021," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif