Menkeu Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Menkeu Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Menkeu Pastikan Pembatasan Impor Takkan Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi impor konsumsi rumah tangga
Suci Sedya Utami • 24 Agustus 2018 16:23
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan pembatasan impor tidak akan mengganggu pertumbuhan ekonomi.
 
Saat ini pemerintah memang tengah mengevaluasi berbagai jenis barang impor yang memicu defisit pada neraca transaksi berjalan dan neraca pembayaran di tengah pelemahan rupiah.
 
Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, berharap upaya yang dilakukan pemerintah tidak menghambat pertumbuhan investasi dan juga ekspor sebagai pendorong roda perekonomian nasional.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan langkah-langkah kita dalam mengendalikan neraca pembayaran tidak akan mempengaruhi pertumbuhan, terutama dari sisi investasi dan ekspor," kata Ani di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Agustus 2018.
 
Untuk mengurangi impor, pemerintah juga mendorong dunia industri dan kegiatan ekonomi lainnya agar mengutamakan penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).
 
Salah satu kegiatan yang diharapkan untuk menggunakan TKDN yakni pembangunan infrastruktur. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan pemerintah akan mengevaluasi proyek strategis nasional (PSN) yang sampai saat ini belum mencapai kesepakatan pembiayaan (financial closing).
 
"Policy yang selama ini sudah disetujui oleh para investor itu sendiri juga akan dilaksanakan secara konsisten sehingga bisa mengurangi kebutuhan barang impor," jelas dia.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif