Super <i>Tax Deduction</i> Bakal Diberikan Akhir Tahun
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Jakarta: Pemerintah memastikan bakal mengeluarkan kebijakan insentif fiskal berupa super tax deduction atau pemotongan pajak hingga 200 persen untuk industri yang melaksanakan program pendidikan vokasi. Implementasinya bakal dilakukan pada akhir tahun ini.

"Dengan Menteri Keuangan mudah-mudahan bisa diselesaikan setelah paket kebijakan ekonomi XVI, ini akan masuk di situ, target Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bisa semua tahun ini," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartato di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Keleluasaan pajak ini akan diberikan bagi industri yang serius menghadirkan pelatihan vokasi dengan meningkatkan level keahlian tenaga kerjanya. Fasilitas pendidikan dan pelatihan industri dalam membantu program sekolah menengah kejuruan pun menjadi poin yang ditekankan kepada perusahaan.

"Ada industri mendirikan diklat dan vokasi perusahaan yang bantu SMK menyediakan peralatan dan ini akan jadi subyek super tax decutable. Kalau ini bisa dilakukan, akan bergerak secara masif untuk semua sektor industri," ungkapnya.

Kebijakan ini dilakukan dalam fokus pengembangan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Persaingan kerja akan menjadi seimbang setelah memiliki kemampuan khusus terutama di era industri 4.0.

"Presiden minta lebih banyak orang Indonesia diberi pelatihan persiapan untuk hadapi perubahan. Untuk di level pimpinan sudah dilakukan pelatihan batch pertama dimulai, tapi presiden minta jumlahnya dimasalkan," paparnya.

Implementasi kebijakan juga akan melibatkan Kementerian Ketenagakerjaan yang fokus mengembangkan potensi SDM dalam negeri. Pengembangan pusat ekonomi di sebuah kawasan diharapkan bisa diisi oleh pekerja lokal dengan standar keahlian industri.

"Presiden tidak mau puluhan ribu, maunya jutaan orang, itu tantangan untuk dilakukan salah satunya super decutable tax. Usulan kami sudah disampaikan presiden besarnya 200 persen untuk vokasi," tandasnya.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id