Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: AFP.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: AFP.

Masih Ada Rp537,2 Triliun, Sri Mulyani Minta Pempus dan Pemda Belanjakan Anggaran Tersisa

Antara • 01 Desember 2022 15:43
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendorong pemerintah pusat maupun daerah untuk membelanjakan anggaran sebesar Rp537,2 triliun pada Desember 2022 dalam rangka meningkatkan momentum pemulihan ekonomi.
 
"Untuk tahun ini yang sekarang sudah mendekati bulan terakhir kita juga melihat bahwa belanja untuk 2022 harus diselesaikan," katanya dalam Konferensi Pers seusai Penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah TA 2023 di Istana Negara, dilansir Antara, Kamis, 1 Desember 2022.
 
Sri Mulyani mengatakan tahun ini sudah memasuki Desember sehingga belanja harus segera diselesaikan. Pemerintah pusat baru membelanjakan Rp876 triliun atau 78,2 persen dari total alokasi anggaran Rp1.119,5 triliun. 
 
Baca juga: Sri Mulyani: Indonesia Harus Waspadai 3 Krisis Ini 
 
Menurutnya, apabila seluruh kementerian/lembaga (K/L) melakukan belanja sampai akhir tahun dengan mengikuti pola tahun lalu yaitu realisasinya mencapai 96 persen maka pada Desember ini harus dicairkan Rp203 triliun dari belanja pusat.
 
Sedangkan untuk belanja daerah yang alokasinya Rp1.196 triliun, baru terealisasi Rp818 triliun atau 68,2 persen sampai November dan jika juga mengikuti pola tahun lalu dengan realisasi mencapai 93 persen maka pada Desember ini akan dicairkan dari APBD sebesar Rp294 triliun.
 
"Dengan demikian total operasi APBN dan APBD untuk perekonomian akan mencapai Rp537,2 triliun untuk Desember ini saja," ujarnya.
 
Sri Mulyani memastikan akan terus mendukung K/L dan pemerintah daerah untuk segera melaksanakan APBN 2022 sebagai cara dalam meningkatkan momentum pemulihan ekonomi. "Namun itu tetap harus akuntabel dan bermanfaat bagi masyarakat dan perekonomian," tegasnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif