Ekonomi Indonesia. Foto: AFP.
Ekonomi Indonesia. Foto: AFP.

Asal Masyarakat Gak Gaduh, Investasi Bakal Masuk ke Indonesia

Antara • 24 Januari 2023 15:52
Jakarta: Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan iklim politik perlu dijaga tetap stabil pada tahun kampanye pemilihan umum (pemilu) agar investasi tetap dapat masuk ke Indonesia dan menopang pertumbuhan ekonomi di 2023.
 
baca juga: Tak Melulu Jualan Komoditas, RI Berpotensi jadi Basis Industri Farmasi di Asia Tenggara

“Indonesia bisa menjaga stabilitas politik, iklim politik, itu bisa membentuk harapan agar masyarakat tetap belanja. Kalau belanja masyarakat bagus, investor bisa melihat prospek positif Indonesia,” kata Andry dikutip dari Antara, Selasa, 24 Januari 2023.
 
Kinerja investasi akan sangat penting dan menjadi game changer pertumbuhan ekonomi pada 2023 karena menyumbang sekitar 30 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2023.
 
Oleh karena itu, lanjutnya, iklim investasi yang baik perlu dibangun dengan koordinasi kebijakan antara pemangku kepentingan sehingga investor lebih tertarik berinvestasi di Indonesia dibandingkan negara-negara berkembang lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ini yang seringkali teman-teman lupa dan taken for granted, bahwa koordinasi kebijakan fiskal, moneter, dan perbankan itu kemudian selalu memberi Indonesia competitive advantage dengan negara-negara emerging markets lainnya,” ucap Andry.
 
Investasi juga dapat mendorong daya beli masyarakat karena nilai investasi, terutama yang masuk ke industri manufaktur, dapat menyerap banyak tenaga kerja.
 
“Penyerapan tenaga kerja kemudian akan meningkatkan daya beli masyarakat dan akhirnya konsumsi juga naik lagi, dengan menggunakan uang investor,” ucap Andry.
 
Ia memproyeksi pertumbuhan ekonomi pada 2023 akan mencapai 5,04 persen, selain ditopang oleh investasi, pertumbuhan ekonomi juga ditopang oleh konsumsi masyarakat yang menyumbang sekitar 54 sampai 55 persen.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif